POSYANDO KAMPUNG PENENGAHAN PERIKSA BUMIL DAN BALITA

Negeri Agung (RWK), – Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat memperhatikan kesehatan masyarakat. Dalam hal ini maka Kementrian Kesehatan Republik Indonesia mewajibkan adanya Posyandu yang diadakan disetiap Kampung.

Posyandu sudah dikenal sejak lama sebagai pusat pelayanan kesehatan dasar bagi ibu hamil, orang tua dan balita. Kini, Posyandu dituntut untuk mampu menyediakan informasi kesehatan secara lengkap sehingga menjadi sentra kegiatan kesehatan masyarakat.

Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM*red) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat dalam penyelanggraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi.

Baca Juga  Gunung Baru Lakukan Pendataan SDGs

Dengan demikian Posyandu merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan oleh masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Berdasarkan hal tersebut, Dengan Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan Pelaksanan Posyandu di Kampung Penengahan, Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan, Berjalan dengan baik dan rutin setiap bulannya.

Menurut Pantauan, Kegiatan Posyandu yang dilaksanakan oleh para kader posyandu dan tenaga medis (Bidan*red) Kampung Penengahan guna mengetahui tumbuh kembang kesehatan pada bayi balita dengan imunisasi penimbangan dan pengukuran tinggi badan serta memberikan sosialisasi mengenai Penyuluhan dalam mematuhi protokol kesehatan tentang (Covid-19).

Baca Juga  Harapkan ekonomi warga kembali bangkit Camat Pakuon Ratu Resmikan Pasar di Serupa Indah

Sa’at Dikonfirmasi Radar Way Kanan, Selasa (21/9) Tini Purwanti Tenaga medis (Bidan Kampung Penengahan*red) Mengatakan Tujuan dari posyandu ini adalah untuk
menurunkan angka kematian bayi, anak balita, dan angka kelahiran agar terwujud keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

“Pos pelayanan terpadu (Posyandu*red) ini merupakan wadah titik temu antara pelayanan professional dari petugas
kesehatan dan peran serta masyarakat dalam menanggulangi masalah kesehatan masyarakat, terutama dalam upaya
penurunan angka kematian bayi dan angka kelahiran,”Ujar Tini Purwanti.

Dia berharap dalam penelitian posyandu ini dapat memberikan manfaat bagi Masyarakat, Pemerintah Kampung, Puskesmas, Kecamatan, Lintas sektor
Serta dinas terkait dalam meningkatkan pelaksanaan posyandu dan dapat
bermanfaat bagi pengembangan ilmu
Kebijakan Publik, Pelayanan Publik, dan pengembangan ilmu lainnya,”Harap Tini.

Baca Juga  Sambungkan Silaturahim Masa Pandemi Corona Ferdinan Marcos Gelar Lomba Futsal

Terpisah Afrizal Kepala Kampung Penengahan dalam memantau berjalannya kegiatan posyandu tersebut Menambahkan sangat-sangat mengapresiasi peran serta aktif masyarakat dalam pelayanan terpadu di Wilayahnya.”ini adalah suatu upaya untuk memudahkan masyarakat menerima pelayanan Posyandu sebagai pemenuhan hak balita dan ibu hamil sesuai dengan rekomendasi kesehatan setempat, Semoga kita sehat-sehat selalu dan Covid-19 Segera berahir,”TambahNya.(RWK/AWAL).