Pelaksanaan Upacara Ngaben Di Kampung Bali Sadar Tengah

Banjit Radar Waykanan.com,- I Nyoman Sudirga Kepala kampung Bali Sadar Tengah menghadiri upacara adat atau sering kita kenal dengan istilah ngaben Pada Hari Sabtu, 12 November 2022 di laksanakan pengabenan I Ketut Simpen dan I Nyoman Kincen bertempat di dusun 3 Karang Agung Kampung Bali Sadhar Tengah Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan.

Sebagai umat hindu, rangkaian pengabenan ini wajib dilaksanakan, makna dari kegiatan ini adalah suatu proses pengembalian unsur panca maha buta / pengembalian 5 unsur elemen ditubuh manusia,
dengan harapan semoga atmanya menyatu dengan ida shang hyang widhi wasa/tuhan yang maha esa

Baca Juga  Camat Negeri Agung Pimpin Jumat Bersih Dilingkungan Kecamatan

I Kadek Arya Karjita Selaku Ketua Adat Banjar Karang Agung Kampung Bali Sadhar Tengah Mewakili Segenap Masyarakat Dusun Karang Agung. Semoga Ke-2 Almarhum mendapatkan tempat yang tenang dan damai di alam Nirwana, Sesuai dengan Amal ibadah sewaktu masa hidupnya.

I Nyoman Sudirga Kepala kampung Bali Sadar Tengah turut berbelasungkawa, atas meninggalnya
I ketut Simpen pada tanggal 30 agustus 2022 dan I Nyoman Kincen pada tanggal 6 November 2022 semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan dapat mengikhlaskan

Baca Juga  Penghujung Tahun,Kampung Kali Awi Indah Tuntaskan Pembagian BLT DD 2022

Rangkaian acara pengabenan ini secara umum di puput atau di selesaikan oleh Ida Pedanda Pidada Sidemen dan di bantu oleh beberapa jero mangku.

Ngaben merupakan upacara pembakaran jenasah Masyarakat Bali yang dilakukan untuk mengembalikan jenasah/badan kasar pada unsur panca mahabhuta. Upacara Ngaben yang dilaksanakan umat Hindu khususnya di masyarakat Bali merupakan salah satu bagian dari upacara Pitra Yadnya, yaitu upacara yang ditujukan kepada leluhur.

Baca Juga  Kampung Negeri Jaya Kembali Salurkan BLT DD Tahap Akhir

RWK HABIBI ADI PUTRA