Muda Mudi Kartajaya Lestarikan Tari Cangget

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Negara Batin-RWK, -Muda Mudi ( Muli-Menhanai ) Kampung Kartajaya kecamatan Negara Batin Melakukan latihan tari cangget di  Balai adat. Tari Cangget salah satu tarian tradisioanl masyaralat Lampung yang populer. Tari ini juga dikenal sebagai tari Cangget Pepaduan.

Tujuan dari pada latihan tersebut tidak lain untuk melestarikan budaya adat Lampung dan memberi penjelasan kepada generasi Muda Mudi apa makna dari cangget itu sendiri , Tari Cangget biasanya dipertunjukan saat menyambut tamu agung, upacara pernikahan, dan pesta adat di Provinsi Lampung. Tarian ini mencerminkan kewibawaan gadis Lampung yang anggun.

Baca Juga  PKK Bumi Rejo Galang Dana Untuk Korban Bencana

“Kegiatan latihan tersebut di kampung Kartajaya menjelaskan bahwa kegiatan latihan tersebut adalah kegiatan yang akan di jadikan sebagai kegiatan rutinitas kami sebagai putra daerah untuk lebih mendalami lagi makna dari adat itu sendiri khusus adat istiadat Lampung,” ucap Pahrobi selaku penyelegara acara latihan tersebut.

” Sedangkan kita  keturunan dan Generasi penerus sebagai masyarakat Lampung harus paham bahwasanya tari Cangget ini sudah dikenal sejak masa penjajahan Jepang sebagai sebuah hiburan dan berkembang hingga saat ini dan bagi kami generasi penerus wajib untuk belajar dan melestarikannya, Dalam latihan tersebut kami butuh bimbingan binaan dari tokoh tokoh adat khususnya yang ada di kampung Kartajaya dan harapannya kepada Muda Mudi ( Muli- Menhanai ) untuk bersama sama melestarikan dan belajar tentang adat istiadat budaya suku kita,”Tambahnya.

Baca Juga  HANDEKA PUTRA YUK VAKSIN..DARIPADA KENA SANGSI

” Dengan kegiatan latihan bersama ini semoga kedepannya untuk generasi penerus bisa lebih memahami tentang kebudayaan khususnya di kampung kartajaya,”Tutupnya. RWK-w/Dalton