Kampung Bengkulu Jaya Siap Menjadi Sentra Pengolahan Jagung

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Gunung Labuhan-RWK – Kampung Bengkulu Jaya Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan merupakan satu dari beberapa wilayah pengahasil Jagung, Tak heran banyak petani di desa ini fokus pada pertanian dan perkebunan,sebab lahan dan pemukiman yang cukup subur dan cocok untuk bercocok tanam.

Dari potensi itulah banyak masyarakat di Bengkulu Jaya memilih bertani Jagung di samping padi.

Baca Juga  Kios Jamu Pun Ikut Pandemi

“Memang betul mayoritas di wilayah ini adalah petani,dan tak heran kalau disini banyak di temukan para petani lebih minat untuk menanam jagung”Ujar Endang Salah satu petani jagung di Kampung Bengkulu Jaya,Rabu (17/02).

Endang mengatakan, saat ini permintaan Jagung dari luar daerah sangat tinggi.

“Selain wilayah Bengkulu Jaya sendiri permintaan dari luar kecamatan juga lumayan cukup banyak. Petani bisa menyuplai ke wilayah lain, oleh karena harga jual jagung sedikit cukup meningkat”tambahnya.

Baca Juga  Antisipasi Covid, Segara Midar Adakan Muskamsus

Kepala Kampung Bengkulu Jaya Nopiana melalui Sekretaris Kampungnya Warjono mengatakan,sejumlah upaya bakal dilakukan oleh pemerintah Kampung agar potensi ini dapat menunjang kebutuhan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Seperti mencari terobosan dan ide untuk lebih meningkatkan lagi varian hasil dari olahan tanaman jagung.

“Kita akan berupaya meningkatkan usaha kecil yang ada disini melalui program industri rumahan seperti pengembangan hasil olahan tanaman jagung,”ungkapnya.

Baca Juga  KOMPAKNYA APARATUR BONGLAY DAN WARGANYA

Pemerintahan Kampung Bengkulu Jaya juga berupaya akan menjadikan wilayahnya sebagai sentra pengolahan Jagung guna memenuhi kebutuhan permintaan pasar yang semakin meningkat.

“Tentunya dengan menggandeng dinas terkait dan para ahli di bidang pengolahan Jagung dan pemasaran,” pungkasnya. (RWK-W/Kadarsyah)