Kampung Kalipapan Gelar Posyandu Rutin

Foto : Suasana Posyandu Bandar Dalam

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Negeri Agung RWK, – Kampung Kalipapan Kecamatan Negeri Agung melakukan kegiatan posyandu rutin setiap bulan untuk memeriksa kesehatan balita dan ibu hamil serta pemberian Vitamin.sabtu(19/06)

Nita selaku bidan desa mengatakan, Posyandu merupakan suatu wadah kegiatan yang merupakan proses titik temu antara pelayanan profesional dari petugas kesehatan kampung atau desa dan peran serta masyarakat dalam menanggulangi masalah kesehatan, terutama dalam upaya menurunkan angka kematian ibu, bayi dan angka kelahiran bayi dalam suatu kampung atau desa.

Baca Juga  Dandim Bersama Forkopimda Way Kanan Jadi Pelopor Suntik Vaksin Covid- 19 Bagi Masyarakat.

Penyelenggaraan Posyandu ini dilaksanakan oleh kader-kader Posyandu yang telah dilatih dibidang kesehatan dan Keluarga Berencana, dimana yang anggota Posyandunya berasal dari anggota PKK Kampung, tokoh masyarakat dari Kampung setempat.

Maksud dan tujuan diadakannya posyandu ini merupakan untuk meningkatkan tingkat kepedulian masyarakat akan pentingnya kesehatan bagi ibu hamil, bayi atau anak.

Selain itu juga, kegiatan posyandu yang rutin dilaksanakan pada setiap kampung juga bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak melalui pelayanan kesehatan masyarakat.

Baca Juga  Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kampung Setia Negara Bagikan BLT-DD

Adapun untuk sasaran dari pelaksanaan kegiatan Posyandu ini adalah bagi seluruh ibu hamil, balita dan anak-anak mendapat kan vitamin.

Kegiatan posyandu disetiap kampung ini dilaksanakan secara rutin satu bulan sekali sebagai bentuk kewajiban pemerintah kampung akan kepedulian kesehatan pada masyarakatnya.

Dan untuk hasil yang ingin dicapai dan tindak lanjut dari diadakannya kegiatan posyandu adalah agar masyarakat disetiap Kampung setempat menjadi sadar akan pentingnya pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, bayi dan anak-anaknya.

Sehingga balita dan anak-anak bisa mendapatkan imunisasi,vitamin yang berguna untuk kekebalan tubuhnya masing-masing dari serangan virus maupun kuman penyakit.

Baca Juga  Kampung Curup Patah Terima 51 Karung Beras PPKM.

Sedangkan tindak lanjut yang harus dilakukan untuk kedepannya yaitu agar kegiatan posyandu ini tetap berjalan untuk mengedukasi serta memberikan pelayanan secara rutin bagi ibu hamil dan anak-anak, sehingga kesehatan masyarakat lebih terjaga dan bebas dari segala bentuk ancaman berbagai penyakit.

Setiap pelaksanaan kegiatan posyandu ini melibatkan Bidan Desa setempat, Kader Kesehatan atau Kader PKK setempat yang bekerja sama dengan Puskesmas dari Kecamatan Kampung masing-masing.RWK/A.Said