Hujan Tak Kunjung Turun Sawah terancam gagal Panen

RadarWayKanan.Com.-Puluhan Hektar sawah milik petani di Kecamatan Negeri Besar terancam gagal panen hal itgu disebabkan minimnya air yang mengaliri sawah tadah hujan yang mereka miliki.(di Way Kanan sendiri sudah hampir satu bulan tidak turun hujan red).

Lahan persawahan  yang kering setelah ditanami padi antara lain diwilayah kampung Sri Basuki  dan kampung kampung lainnya termasuk di Kecamatan Negara Batin dan Pakuon Ratu yang belum tersentuh irigasi.

“Kalau dalam satu minggu kedepan tetap tidk ada hujan turun, kami pastikan tanaman padi kami ini bukan lagi gagal panen akan tetapi gagal hidup karena sawahnya kering, bagaimana tidak mati airnya tidak ada, “ ujar Midin salah satu petani yang dikonfirmasi Radar Way Kanan saat membersihkan lahan sawahnya

Baca Juga  Jaga Kebugaran, Camat Negeri Agung Senam Bersama di Halaman kantor

Keluhan Midin bukan tanpa alasan saat ini tanaman padinya mulai menguning , yang mendakana sebentar lagi akan mati kalau tidak segerra turun hujan, tanah sawahpun ( lumpur red ) sudah mulai mengangkat dan rengkah rengkah , menandakan kondisi cuaca yang sangat  panas.

“Retakan pada tanah itu akibat lumpur di bagian bawah sudah mengering, jadi tanah bagian atas pecah,” ujar Camat Negara Batin Edi Saputra S.Kom MM, saat dimintai keterangan terkait luasnya sawah di Negara Batiun dan Negeri Besar yang mengalami kekeringan dimusim tanam ini.

Baca Juga  Peringatan HUT Lalu Lintas Ke 68, SatLantas Polres Way Kanan Bagikan Bansos

Lebih jauh Camat Negara Batin, Edi Saputra, S.Kom.,MM menghimbau para petani dalam menghadapi musim kemarau, agar betul betul bisa memanfaatkan sumber air yang ada didekat  persawahan, serta mengupayakan untuk membuat embung-embung kecil untuk penampungan air ketika hujan, selain itu berupaya membuat Resapan air atau penghijauan disekitar persawahan yang mereka  garap. Dengan harapan saat musim kemarau tiba sawah mereka masih dapat berproduksi karena ada cadangan air dari embung air juga tidak langsung kering karena terdapat resapan air disana.

Baca Juga  Mulyadi Pimpin Apel Jumat pagi Guna Disiplinkan Aparatur Sunsang

“Demikian juga bagi petani dan atau kelompok tani yang sudah mandapatkan bantuan sumur bor agar dapat memanfaatkan sumru Bor tersebut dengan baik dan bersama ssama, sehingga kemanfaatan sumur bor bantuan pemerintah tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat banyak, jangan ada yang memonopoli, “ Imbuh  Camat Negara Batin, Edi Saputra, S.Kom.,MM. RWKI /JONI