Dorong Perekonomian Masyarakat Dari Dana Desa

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Gunung Labuhan- RWK, – Pemerintah Kampung Tiuh Balak II Kecamatan Gunung Labuhan, Way Kanan merealisasikan alokasi dana desa (ADD) tahap I untuk pembangunan Siring Pasang (Drainase) yang merupakan skala prioritas.

Kepala Kampung Tiuh Balak II Awalludin mengatakan akan memaksimalkan penggunaan dana desa sesuai skala prioritas.

“Sesuai anggaran pendapatan dan belanja Kampung Tiuh Balak II 2020, maka alokasi tahap I diarahkan pada Pembangunan Siring Pasang, Hal ini ditujukan untuk memperlancar dan menjaga akses jalan Dusun Satu sebagai produktivitas
Prekonomian masyarakat, yang selama ini mengalami kendala karena kurangnya saluran air sehingga masuk area jalan ketika datang musim penghujan maka jalan akan cepat rusak,” katanya, Sabtu (28/08).

Baca Juga  Musim Penghujan, Petani Jagung GULA Bersyukur

“Tahap ini dapat dibangun drainase, dengan volume 100 meter yang memakan dana Rp. 48, 687,000;,” ungkapnya.

Lebih Lanjut Awalludin, menambahkan, realisasi dana desa ditahun sebelumnya, juga mencakup penyelesaian pembukaan badan jalan, yang menghubungkan antar dusun kampung Tiuh Balak II yang rencananya akan ditingkatkan pada tahun ini, dengan pembangunan Onderlagh.

Baca Juga  Wakapolda Lampung Tinjau Kesiapan Operasi Ketupat Krakatau 2021 Di Way Kanan

Pembangunan fisik, kata Awalludin, banyak menyerap tenaga kerja yang berasal dari dalam kampung dan diutamakan masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena dampak pandemi Covid-19.

“Selain dana desa digunakan untuk bidang pembangunan fisik, tak kalah penting pada tahun ini pembangunan dalam bidang kesehatan masih menitikberatkan pada program penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Sesuai dengan Permenkeu Nomor 17/PMK.07/2021 wajib menganggarkan 8% dari dana desa. Pada tahun ini juga akan dilaksanakan pemberian BLT dana desa untuk 65 KPM selama 8 bulan dari 12 bulan yang dianggarkan. 4 bulan lagi akan dilaksanakan pada tahap selanjutnya”tutupnya,(RWK/Kadarsyah).