Adanya Perbaikan Data KPM, Program Bansos Kemensos Bulan Maret Terlambat

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Negeri Agung (RWK),-Keluarga Penerima Manfaaat (KPM) program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) nampaknya harus bersabar menunggu pencairan bantuan sembako di bulan Maret ini.

Sebab hingga saat ini Dinas Sosial Kabupaten Way Kanan tengah melakukan perbaikan data penerima bantuan dari Kementerian Sosial tersebut

Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) kecamatan Negeri Agung Dayat juga membenarkan bahwa penyaluran bantuan Program Sembako pada bulan maret mengalami keterlambatan lantaran masih dalam proses perbaikan data penerima bantuan.

“Biasanya penyaluran bantuan sembako terealisasi dibawah tanggal lima belas. Namun untuk bulan Maret ini belum terealisasi karena masih ada perbaikan data KPM,” ujar Dayat kepada Radar Way Kanan (Selasa 23/3).

Baca Juga  Kampung Way Tuba Tuntaskan BLT-DD Tahun 2021

Dayat menjelaskan, ada beberapa perbaikan yang dilakukan sejak akhir Februari lalu antara lain, NIK yang tidak padan Disduk Capil, NIK yang padan namun nama mirip, NIK yang padan Disduk Capil tetapi nama beda. NIK degan struktur salah atau kosong, NIK ganda, dan penerima bantuan yang telah meninggal.

“Ini disebabkan lantaran sampai sekarang masih perbaikan data SIKS-NG, perbaikan NIK. Perbaikan ini dilakukan Dinas Sosial sejak 26 Februari lalu dan selesai pada tanggal 21 Maret 2021 pukul 00.00 WIB dan sudah di kirimkan ke Kmensos, insyaallah kita tinggal menunggu Transfer ke rekening masing-masing KPM.
kami berharap masyarakat untuk bersabar dan mudah-mudahan dua atau tiga hari ini sudah masuk ke nekening KPM BPNT masing-masing.” harapnya

Baca Juga  Mengabdi Untuk Masyarakat, Madi Yanto, S.H Siap Melayani Umpu Bhakti

Hal senada juga diutarakan oleh Pardi, SH., MM., Melalui Tedi Kabid Fakir Miskin Dinas sosial Kabupaten Way Kanan bahwa ada beberapa perbaikan data SIKS-NG yang dilakukan sejak akhir Februari lalu.

” Perbaikan NIK yang tidak padan Disduk Capil, NIK yang padan namun nama mirip, NIK yang padan Disduk Capil tetapi nama beda. NIK degan struktur salah atau kosong, NIK ganda, dan penerima bantuan yang telah meninggal.”terang Tedi

Baca Juga  Kampung Gunung Sari Giatkan Jumat Bersih

Lebih lanjut, “Untuk saat ini perbaikan data sudah selesai, tinggal menunggu dari pusat kapan waktu pencairan, yang pastinya khususnya masyarakat Kabupaten Way Kanan yang dapat bantuan pangan non tunai (BPNT) harap bersabar dan yakin meski pun penyaluran sedikit terlambat, insyaallah tetap di salurkan di bulan ini.”pungkasnya (RWK-W/Alba).