Umat Islam Sebagai Pelopor Kebaikan Kehidupan Berbangsa

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Way Kanan(RWK), – Dalam rangka ikut berperan serta dalam mencegah penyebarluasan Virus Corona atau Covid – 19 di Kabupaten Way Kanan serta konsolidasi pengurus Majelis Ulama Indonesia di Kabupaten Way Kanan, maka perlu kerjasama lintas pemangku kepentingan Umara dan ulama untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam mengedepankan disiplin protokol kesehatan serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat yang merupakan kewajiban umat islam. Oleh karena itu, momentum bulan Ramadhan ini menjadi pelajaran untuk kita untuk lebih bisa mengendalikan dan menahan diri dari hal – hal yang membawa kesia – sian atau kemudharatan, serta membiasakan diri ke hal – hal yang positif. Hal ini disampaikan ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Way Kanan Drs. Hi. Bukri dalam acara silaturrahmi ramadhan kepada perwakilan pengurus MUI kecamatan di wilayah Pakuan Ratu, Negara Batin dan Negeri besar, Kamis (29/4).

Baca Juga  Kampung Sri Numpi Evaluasi Data SDGs

Kegiatan dimaksud dilaksanakan untuk mensosialisasikan tentang pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan dan pelaksanaan sholat Idul Fitri 1442H dalam masa pandemi Covid – 19, serta konsolidasi pengurus Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Way Kanan dalam rangka menekan angka penyebaran pandemi Covid – 19 melalui penguatan peran Alim Ulama.

Selain itu, Ketua MUI Kab Way Kanan Drs. Hi Bukti menegaskan perlunya peran serta ulama dalam memberikan edukasi kepada masyarakat dengan muatan dakwah yang sejuk yang mengajak kepada umat Islam untuk tidak terprovokasi dengan berita HOAX yg bertujuan memecah belah umat.

Baca Juga  Umat Hindu Karang Agung tetap laksanakan ibadah dimasa pandemi

Ulama juga berperan dalam membangun kesadaran umat untuk hidup dengan semangat menjaga rasa persaudaraan atau ukhuwah untuk mensukseskan agenda pembangunan nasional. Agar umat islam menjadi pelopor kebaikan sebagai umat dengan sangat islam washatiyah. Oleh karena nya kedepan MUI kabupaten Way Kanan akan memprogramkan pelatihan kader dakwah untuk mengemban misi moderasi islam dalam menghadapi disruspsi revolusi Industri 4.0.

Baca Juga  GILIRAN KPM SRIMULYO TERIMA BLT

Senada dengan hal tersebut, Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Way Kanan Indra Zakariya Rayusman, S.H., M.H., menyatakan saat ini juga peran alim ulama dibutuhkan dalam menjaga situasi tetap kondusif terutama dalam agenda pemulihan ekonomi. MUI Kabupaten Way Kanan membantu pemerintah dalam membangkitkan kekuatan UMKM melalui sertifikasi produk halal yang berkordinasi dengan lintas sektor dan lintas instansi. (RWK1)