iklan

Program Pamsimas Kampung Gedung Harapan Terus Melaju Ditengah Pandemi Covid-19

Negeri Agung (RWK),– Air bersih merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh Pemerintah sebagaimana tertuang dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM), Ketersediaan air minum dan air bersih merupakan faktor penting dalam upaya pencegahan covid 19.

Peningkatan derajat kesehatan Masyarakat sangat bergantung pada kualitas air minum dan juga sanitasi yang diwujudkan dalam sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang dianjurkan dalam peraturan Pemerintah untuk menekan dan mencegah penularan Covid-19.

Namun, hal ini tak menyurutkan langkah Pemerintah Kampung Gedung Harapan, Kecamatan Negeri agung, Kabupaten Way Kanan. Untuk menyediakan akses dasar air minum, Terbukti dengan aksi nyata terus melajunya Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) agar memenuhi Peningkatan derajat kesehatan Masyarakat dan kesedian air bersih tersebut.

Bacaan Lainnya
Baca Juga  Kadis Baru Diharapkan Bawa Perubahan UMKM Way Kanan

Untuk itu, Pemerintah Kampung Gedung Harapan Telah menyelesaian proposal PAMSIMAS bersama koordinator dan ketua Satlak Pamsimas dan akan dilanjutkan tahapan-tahapan dengan mensurvei lokasi titik pembangunan PAMSIMAS bersama Konsultan, Minggu (07/03).

Kepala Kampung Gedung Harapan, Indra Mengatakan Pelaksanaan program ini didukung oleh unit pengelola program di tingkat pusat maupun Daerah, serta konsultan dan fasilitator, Untuk membantu penyelenggaraan program agar dapat berjalan efektif dan dapat dipertanggung jawabkan. Maka diperlukan pedoman dan petunjuk teknis.

“Petunjuk Teknis ini merupakan penyempurnaan, agar Seluruh proses kegiatan program dapat terlaksana secara baik sesuai dengan aturan dan ketetapan yang berlaku. Dan Semua jenis dokumen yang dihasilkan sesuai dengan ketentuan program, agar tidak terjadi temuan-temuan yang melanggar aturan dan ketetapan program,” Ungkap Indra.

Baca Juga  Ibu Ibu Kampung Gedung Jaya Semangat Ikuti Senam Sehat

Menurutnya, Berpedoman pada Buku Petunjuk Teknis merupakan penyempurnaan dari sebuah program, meski sebelumnya telah disesuaikan dengan pembelajaran pelaksanaan dan pendekatan Program Pamsimas. Tetapi, tetap diharapkan dengan adanya perbaikan dari Petunjuk Teknis ini maka proses kegiatan khususnya di tingkat Masyarakat akan terwujud dengan baik.

“Hari ini, kami melakukan penyelesaian proposal dan monitoring lapangan bersama ┬ádengan tim fasilitator Pamsimas, Alhamdulillah Masyarakat menyambut baik kabar tentang tetap dilaksanakannya Pamsimas ini, dan kami pun akan bersiap melaksanakan kegiatan dilapangan.” Jelasnya.

Dia berharap, seluruh kegiatan program Pamsimas dapat berjalan dengan baik sehingga Masyarakat dapat menikmati air minum dan sanitasi yang layak secara berkelanjutan.

“Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum ini semoga bermanfa’at bagi masyarakat saya, khusunya kampung gedung harapan,”Tutupnya.(RWK-D/AWAL)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.