Pemerataan Pembangunan Infrastruktur, Pemkamp Bengkulu Jaya Berharap Dana Desa Diperbesar

RADARWAYKANAN.COM, Gunung Labuhan-usai melakukan pendampingan dan pembinaan aparatur Kampung Bengkulu Jaya, pemerintah kecamatan Gunung Labuhan langsung melakukan monitoring pembangunan Siring Pasang (Drainase) di dusun III dan Pembukaan Badan Jalan di dusun II yang dibangun menggunakan anggaran dana desa tahap tahun 2024.

Pembangunan drainase oleh pemerintah Kampung Bengkulu Jaya itu merupakan Sistem Pembuangan Air Limbah (Drainase, Air limbah Rumah Tangga) (Pembangunan galian siring 1 unit).

“Ya, kita dahulukan apa yang memang menjadi prioritas terlebih dahulu, seperti pembukaan Badan Jalan usaha tani, pembangunan drainase, pembuatan Gorong-gorong baru kita akan melakukan rehab terhadap Jalan yang memang sudah tidak layak, yaa semuanya kita lakukan secara bertahap mengingat Anggara yang dikucurkan memang tidak besar terlebih lagi fokus kita bukan hanya di infrastruktur saja ada seperti ketahanan pangan, penanganan kemiskinan Exstrim, penanggulangan bencana, maupun Pemberdayaan Masyarakat yang harus kita laksanakan juga”papar Erwan Syahruddin, Rabu (14/5).

Baca Juga  Miris. Jalan Kabupaten Kampung Kali Awi Hampir Putus

Lanjut Erwan, pembangunan Drainase sepanjang 264 meter itu memang telah masuk dalam perencanaan kampung melalui musyawarah kampung sebelumnya.

“Ya telah kita rencanakan melalui musyawarah dusun sampai musyarawah Kampung, sebelumnya kita telah membangun Drainase di dusun IV sepanjang 200 Meter pada tahun 2023 lalu”terang Suami, Mantan Kepala Kampung Bengkulu Jaya Nopiana periode 2016-2022 itu.

Pihaknya berharap pemerintah Pusat dapat menambah alokasi anggaran dana desa Kampung Bengkulu Jaya sehingga pembangunan Infrastruktur Kampung dapat secara merata dan cepat terlaksanakan.

Baca Juga  Jumat Curhat Kapolsek Mendengarkan Saran Dan Masukan Masyarakat Donomulyo

“Jika anggaran dana desa itu 2 milyar mungkin saja tahun ini kita sudah melakukan Lapen dan Rabat Beton di Jalan Tuan Pasikhah, yang menghubungkan Kampung Bengkulu Jaya dengan Kampung Pampang Tangguk Jaya Kecamatan Sungkai Tengah, Lampung Utara yang mana jalan ini merupakan jalan alternatif yang digunakan masyarakat dalam pengelolaan perekonomian dibidang pertanian, karena minim nya anggaran tadi terpaksa kita lakukan rehap secara bertahap”pungkasnya.

Untuk diketahui, Selama 2 Tahun menjabat Erwan Syahruddin telah terbukti dengan pemerataan pembangunan infrastruktur, pelaksanaan ketahanan pangan, penanganan kemiskinan Exstrim, Penanggulangan Bencana Alam, maupun Pemberdayaan Masyarakat.

Yang mana pemerintah kampung Bengkulu Jaya telah membuka 3 (Tiga) Badan Jalan Usaha Tani, di Dusun 1,2 & 5, pembuatan 3 (Tiga) Gorong-gorong di Dusun 2 dan 5, pembangunan 2 (Dua) Rabat Beton dan 1 (Satu) Jembatan Beton di Dusun 2 & 4, Pamsimas 1 (Satu) unit, Drainase di Dusun 3 & 4 Sepanjang 464 meter, serta adanya paningkatan serta penjaminan keamanan masyarakat memalui pembelian 2 (Dua) Unit CCTV, dibidang ketahana pangan pemerintah kampung telah merealisasikan Bibit Jagung, 1.700 Bibit Durian dan 500 Bibit Alpukat, dibidang penangan kemiskinan Exstrim telah menyalurkan 38 KPM BLT-DD dan turun menjadi 23 KPM sebab ada 15 KPM yang dinilai sudah tidak layak untuk menerima BLT-DD, adapun melalui pemerintah Pusat pemerintah Kampung Bengkulu Jaya telah merealisasikan 40 Bedah Rumah untuk masyarakat yang kurang mampu. (RWK/Kadarsyah).