Masyarakat Kampung Karang Agung Menuntut Janji PT PSMI

RADARWAYKANAN.COM, Pakuan Ratu,-Ratusan Masyarakat kampung Karang Agung Kecamatan Pakuan Ratu kabupaten Way Kanan yang tergabung dalam Aksi peduli lingkungan menggelar aksi damai dihalaman aula Kampung Karang Agung.

Kegiatan aksi unjuk rasa tersebut sebagai bentuk peduli masyarakat terhadap lingkungan guna menuntut pembangunan/perbaikan jalan kabupaten yang ada di lingkungan Kampung Karang Agung serta tuntutan lainnya yang menyangkut kepentingan Kampung dan untuk masyarakat Kampung Karang Agung yang ditujukan kepada pihak PT.PSMI.

Kepala Kampung Karang Agung Jon Heri menjelaskan terdapat beberapa point tuntutan masyarakat Kampung Karang Agung kepada PT PSMI salah satunya yaitu mengenai tuntutan perbaikan jalan sebagaimana yang telah PT PSMI janjikan kepada masyarakat sejak tahun 1992.

Baca Juga  Camat Negeri Agung Rajin Blusukan Tinjau Warga

“Masyarakat Karang Agung menuntut pembenahan jalan. Sesuai yang sudah dijanjikan pihak PT PSMI saat pelepasan tanah tahun 1992. PSMI wajib membenahi jalan 1 tahun 2 kali semaksimal mungkin. Pada akhirnya tidak maksimal, bahkan selama 3 tahun ini terbengkalai. Jadi oleh sebab itu, masyarakat menuntut kesepakatan tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya juga menyampaikan terkait point lainnya yang menjadi tuntutan masyarakat kepada PT PSMI yaitu terkait penerimaan tenaga kerja yang sebelumnya telah disepakati bahwa PSMI

“Masyarakat menuntut, agar PSMI menerima tenaga kerja lokal. Jadi, mengutamakan tenaga lokal tenaga kampung terkait. Padahal, dari tahun 1992 telah disepakati PSMI akan menerima tenaga kerja pribumi. Namun, kenyataannya PSMI mengutamakan pihak-pihak dari luar Kampung bahkan Provinsi. Dengan alasan PT PSMI mereka ingin menerima yang sesuai dengan keahlian,” tutur Jon Heri.

Baca Juga  Warga Sri Basuki Gelar Aksi Protes Angkutan Tebu PTPN 7

Dirinya juga menjabarkan terkait Point ketiga dari tuntutan tersebut yaitu masyarakat menuntut pengairan sawah. Karena masyarakat sering mengalami gagal panen pada musim kemarau. Padahal air tersebut masih saja mengalir namun terbendung oleh lebung yang ada di wilayah HGO PT PSMI. Jadi, masyarakat meminta agar aliran air sungai lebung.

Selanjutnya, masyarakat juga meminta kejelasan lahan in club yang ada di wilayah Karang Agung. Ada lahan in club di Karang Agung tapi tidak tahu bagaimana nya ke kampung bagaimana kontribusinya tidak ada yang nyata.

Terkait point-point tuntutan yang diajukan masyarakat tersebut, Jon Heri menuturkan pihaknya telah menerima tanggapan dari PT PSMI.

Baca Juga  Bibit Jagung Sampai ..EMPPATI jangan dilepas tapi dibina

“Menyangkut tanggapan PT PSMI Alhamdulillah untuk pembenahan jalan dalam satu atau dua Minggu ini atau minggu-minggu ini akan ada gerakan perbaikan. Dengan rencana akan ada pembuatan Siring kanan kiri, penimbunan jalan, dan di tambal dengan batu agar masyarakat dapat melaluinya tanpa ada hambatan yang selama ini menjadi keluhan masyarakat. Terkait penerimaan tenaga kerja PT PSMI mempersilahkan masyarakat untuk mengajukan lamaran sesuai dengan keahlian masing-masing. Maka pihak PT PSMI akan melakukan Tes dan rekrutmen warga setempat yang sesuai dengan ketentuan. PSMI juga siap untuk mengalirkan air, dengan cara membagikan 3 lebung,” pungkasnya.

RWK/JONI