iklan

Kontribusi Dana Desa Terhadap Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Gunung Baru


        
    

Gunung Labuhan (RWK)– Setelah ada implementasi Undang -Undang Desa dengan dibarengi kebijakan alokasi Dana Desa dari APBN, terjadi pembaharuan luar biasa pada berbagai sektor pembangunan. Termasuk di Kampung Gunung Baru yang terletak di Gunung Labuhan Kabupaten Way kanan.

Masyarakat kampung Gunung Baru Kecamatan Gunung Labuhan,Kabupaten Way Kanan,Selain terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana infrastruktur Kampung, dana desa tentunya akan lebih menggairahkan sirkulasi perekonomian desa.

Demikian dikatakan Pejabat Kepala Kampung Gunung Baru Sawaludin SE. MM, Mengatakan bahwa selain pembangunan sarana infrastruktur fisik, aspek pemberdayaan masyarakat kampung juga menjadi orientasi pemerintahan desanya dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat kampung Gunung Baru.

Bacaan Lainnya
Baca Juga  Musyawarah Desa ( Musdes ) Guna Tetapkan Penerima Bansos Kampung Tiuh Baru


“Melalui Program Dana Desa ini diharapkan akan lebih menumbuhkan inovasi dan kreativitas masyarakat Kampung Gunung Baru dalam bidang infrastruktur maupun sektor pemberdayaan SDM”tuturnya,Sabtu(26/01).

Menurutnya, manfaat yang bisa dibuktikan secara langsung dari implementasi Program Dana Desa adalah terbangunnya sarana dan prasara penunjang aktivitas ekonomi seperti Drainase, Tembok Penahan Tanah (TPT) dan Juga perehapan Puskeskam maupun kebutuhan lainnya seperti peningkatan fasilitas kesehatan.

Baca Juga  70 KPM Kampung Banjar Sakti Terima BLT DD Bulan Januari- Maret 2022


“Begitupula dalam pelaksanaannya, kita juga melibatkan warga lokal, hampir semua pelaksanaan pekerjaan fisik melibatkan warga lokal kampung Gunung Baru sendiri contohnya dalam pembangunan Tembok Penahan Tanah dan rehap Puskeskam sekarang”jelasnya.

Dengan adanya dana desa, banyak potensi desa yang bisa dikreasikan dalam upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi desa.


”Tentunya akan lebih bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat kampung Gunung Baru” kata Sawaludin.

“Setelah banyak infrastruktur kampung yang dibangun, masyarakat diharapkan juga mempunyai kepedulian dalam menjaga dan merawat sarana prasarana tersebut secara bersama-sama”pukasnya. RWK/Kadarsyah

Pos terkait