Ketua KORMI Way Kanan ( Sairul Sidiq red ), yuk kita lestarikan Hutan

Kasui, Way Kanan.RWK-  Festival Wisata Hutan Lampung yang  digelar di puncak Bukit Punggur Desa Talang Mangga Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Lampung  yang  dihadiri oleh komunitas pecinta alam dari berbagai daerah di Lampung dan Sumatera Selatan,  hari ini berjalan sukses,  nampak pula hadir pada kesempatan itu  Ketua KORMI Way Kanan, Sairul Sidiq, SH, Kabid PPH Provinsi Lampung, Hakiki Syarif  dan Kepala BNN Way Kanan  Dwi Nurmayati.

Berbagai acara digelar dalam festival itu,  mulai dari pendakian, camping, bersih gunung, dan sarasehan da sebagai
Puncaknya ditandai dengan prosesi penanaman pohon  di area puncak Bukit Punggur, Minggu, 05 Juni 2022.kemarin, dimana  penanaman pohon merupakan rangkaian kegiatan pelestarian lingkungan di Bukit Punggur yang tentu saja mendapatkan sambutan yang baik oleh masyarakat Kecamatan Kasui khususnya
warga  KampungTalang Mangga Kecamatan Kasui.

Baca Juga  Densus 88 Dikabarkan Tembak Mati Terduga Teroris di Lampung

“Festival ini baru pertaman kali ada di sini. Antusias warga dalam kegiatan ini pun sangat positif karena berdampak langsung bagi lingkungan dan alam yang berada dipermukiman Bukit Punggur. ” Ujar Sutiono,Kepala Kampung Talang Mangga.

Sementara  Sarasehan dilaksanakan guna   mengedukasi para peserta yang memang berasal dari berbagai komunitas pecinta alam, agar dapat lebih mencintai lingkungan dan alam sekitarnya.

Baca Juga  Pemerintah Kampung Segara midar realisasikan BLT DD Tahun 2024

Pada kesempatan itu  Sairul Sidiq SH, Ketua KORMI Way Kanan  menyatakan  hutan sebagai apotik hidup nenek moyang dan kegiatan ini merupakan wujud melestarikan budaya nenek moyang kita, sebagaimana hukum adat Lampung apabila menanam menebang 1 pohon maka harus menanam 20 pohon disekitarnya.

“Tumbuhan yang ada di hutan dahulu dijadikan apotik hidup untuk pengobatan tradisional masyarakat, jadi semua pihak harus saling bahu-membahu menjaga dan melestarikan lingkungan ini. Tidak hanya untuk pariwisata, tetapi juga untuk kelestarian lingkungan.” Ujarnya

Baca Juga  Pemkam Gedung Harapan Gelar Apel Pagi Guna Tingkatkan disiplin

Sairul juga mengatakan pembangunan sektor kepariwisataan di Way Kanan tidak boleh dipandang hanya dengan kacamata ekonomi, tapi juga harus memperhatikan aspek ekologi. Membangun pariwisata di Way Kanan, adalah juga menjaga kelestarian hayati.

“Sekarang sudah saatnya, pembangunan kepariwisataan di Way Kanan tak lagi dipunggungi, karena faktanya, sektor ini sudah berada di depan mata untuk dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan Way Kanan.” imbuh Sairul Sidiq.

Acara festival wisata hutan Lampung acara juga diisi dengan lomba-lomba hingga pembagian doorprize atau kenangan-kenangan kepada peserta yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. RWKI