Gunung Baru Prioritaskan Penanganan Dan Kecukupan Air Bersih

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Gunung Labuhan-Kampung Gunung Baru Kecamatan Gunung Labuhan, Way Kanan merealisasikan Dana Desa (DD) 2021 dengan pembangunan Sumur Bor di Dusun 2 untuk pemerataan kecukupan air bersih.

Kepala Kampung Gunung Baru M. Amin S.pd.i menyampaikan realisasi bidang Kesejahteraan Masyarakat melalui Sumur Bor ini ditujukan sebagai Kecukupan Air Bersih, dalam upaya pencegahan kekurangan air bersih pada musim kemarau. 

“Dengan adanya Sumur Bor ini akan lebih meningkatkan penerapan pola hidup sehat masyarakat dan penanganan lebih cepat untuk mendapatkan kebutuhan air bersih.” katanya.

Baca Juga  LUHUT : Transformasi Ekonomi Untungkan Indonesia

Selain Sumur Bor, kata Amin, ada alokasi pembangunan sumur bor dan menara Pamsimas di titik lokasi Dusun 3 melalui anggaran dana dari pusat atau APBN.

“Realisasi pekerjaan dari APBN dengan kontribusi dari swadaya masyarakat Yang dibangun pada masa Pejabat Sementara. Dibangunnya Pamsimas ini juga memberi manfaat untuk masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan air bersih pada musim kemarau dengan air disalurkan langsung ke rumah warga dengan menggunakan instalasi jaringan pipa,” ujarnya.

Baca Juga  Saldo PKH Kosong Dipertanyakan

Terkait BLT, Amin, menyatakan tahap I Oktober 2021 diperuntukkan 60 keluarga penerima manfaat (KPM), dengan besaran Rp. 300,000/bulan. sehingga dana desa yang terserap untuk BLT-DD Gunung Baru Sebesar Rp. 180,000,000 dan tersisa 2 bulan.

Realisasi dana dari program 2021 Tahap II kata Amin, telah selesai dilaksanakan, dan tinggal menunggu ditahap III Kedepan untuk 2022, Kampung Gunung Baru akan mengarah pada pemulihan ekonomi. Diantaranya penataan prekonomian masyarakat baik UKM maupun IKM hingga ke kelompok tani di kampung Gunung Baru. Ini agar masyarakat dapat melakukan usaha sehingga diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi keluarganya. Selain itu juga untuk infrastruktur yang memadai. (RWK/Kadarsyah)