iklan

Dulu Gempar,Kini Kabar Porang Menghilang

Pakuan Ratu RWK- Kabar Petani Porang diwilayah Kecamatan Pakuan ratu Kabupaten Waykanan Meredup tanpa kabar,

Gempar Beberapa tahun yang lalu, tanaman jenis porang pernah menggempur Harga tertinggi di Pengepul kalangan masyarakat, Sehingga umbinya pun dihargakan Rp. 7.500. sampai dengan harga Rp. 9.000 /kg.
Untuk harga buah kataknya pun, Harga eceran tertinggi (HET) dihargakan senilai Rp, 260.000. sampai Rp, 300.000 /kg.

Namun Untuk saat ini Membuat sebagaian dari petani Porang tersebut, Bertanda tanya”.

Bacaan Lainnya

Dikarenakan menurut tahun lalu pengepul ataupun, penampung hasil dari petani Porang ramai, Baik dikalangan masyarakat di perkampungan adapun di medsos, dan untuk sementara ini blom ada kepastian dikalangan masyarakat mengenai tanaman tersebut, sampai hari ini’ Minggu (22/05/2022).

Salah satu dari pengusaha porang diwilayah tersebut, Budi (25) Mengatakan bahwasanya mengenai harga dari tanaman tersebut, Memang blom ada bayangan. Kemungkinan karna tanaman ini termasuk musiman dan blom waktu panen.

Biasanya tanaman ini diramaikan oleh para pembeli/Penampung, namun untuk sekarang belum ada kabar tentang kenaikan ataupun penurunan harga. Katanya.

ia menambahkan padahal tanaman porang ini Kaya manfaat, “Yaitu Manfaat Porang Untuk Kehidupan Dari penjelasan sebelumnya, terdapat manfaat tanaman porang yang bisa didapatkan untuk kehidupan seperti.

Baca Juga  Saipul Sidak Jumat Kebersihan

Bahan Baku Industri Manfaat tanaman porang yang bisa dirasakan pertama adalah karena adanya kandungan Konjac. Kandungan tersebut dapat dijadikan bahan campuran untuk membuat kertas yang kuat dan tahan lama. Selain itu, porang juga bisa dijadikan perekat kertas, cat, kain katun dan wol, pengilap kain, dengan materi yang lebih baik dan harga lebih murah.

Bahan Dasar Obat Selain berguna bagi bahan baku industri, manfaat tanaman porang juga bisa digunakan dalam dunia medis. Hal itu dikarenakan adanya kandungan KGM yang terdapat pada tanaman porang ternyata bermanfaat untuk dunia kesehatan, yaitu digunakan sebagai bahan pembentuk kapsul obat-obatan. Seperti yang dijelaskan di poin pertama, terdapat kandungan lem alami pada tanaman porang yang digunakan untuk merekatkan kapsul obat.

Menjadi Cemilan Sehat Salah satu manfaat tanaman porang yang diunggulkan adalah kandungan serat yang tidak berwarna yang dapat larut dengan mudah di dalam air, tidak memiliki bau, dan konsistensi yang menyerupai agar-agar. Dengan serat yang bisa diolah menjadi agar-agar, tentunya makanan yang satu ini sangat menyehatkan dan segar. Agar-agar Porang bisa menjadi hidangan tepat untuk cemilan sehat.

Pembersih Air Manfaat tanaman porang selanjutnya adalah menjadi pembersih air yang tercemar. Salah satu kandungan dalam umbi porang adalah Glukomanan mampu untuk memurnikan air dan keloid dari bir, gula, minyak, dan juga serat. Kandungan ini dapat larut di dalam air dan memurnikan air itu sendiri menjadi bersih. Kini kamu tak perlu khawatir dengan air yang kotor lagi.

Baca Juga  Satgas TMMD Bangun Gorong Gorong Dusun Sidorejo

Lem Alami dan Ramah Lingkungan Dalam hampir setiap kegiatan, keberadaan lem tentu sangat dibutuhkan. Namun kadang kali lem yang ada memiliki aromanya yang tajam dan menempel di badan atau pakaian. Umbi porang bisa menjadi alternatif dan opsi tepat yang bisa Anda gunakan untuk lem ramah lingkungan. Tanaman yang mengandung Konjac bisa menjadi perekat yang sangat bagus. Selain bagus, lem yang dihasilkan juga ramah untuk lingkungan.

Bahan Baku Pengental Es Krim Di Indonesia terutama di industri es krim, umbi porang untuk diolah dan dimanfaatkan sebagai pengental perekat dalam campuran es krim agar tidak cepat meleleh. Manfaat itu didapat dari kandungan Konjac yang bisa membuat kental makanan lain seperti sirup dan hidangan lainnya.

Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol Serupa dengan manfaat sebelumnya, kandungan glukomann dalam tanaman porang membantu dalam mengurangi kadar kolesterol di darah. Selain itu, serat yang terdapat pada porang juga biasa digunakan sebagai alternatif diet, baik untuk menurunkan berat badan maupun untuk orang yang memiliki diabetes. Namun ada yang harus menjadi catatan, bahwa penggunaan porang untuk mengobati penyakit harus tetap dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Hal ini dikarenakan ada efek samping yang bisa dirasakan jika badan Anda memiliki ketidakcocokan dengan kandungan porang. Sehingga dikhawatirkan menimbulkan efek samping. Jelas nya’, RWK, Azhari.

Pos terkait