Disdukcapil Way KananJemput Bola Pembuatan KIA di TK Negeri Pembina Bandar Dalam

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Negeri Agung (RWK), – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Way Kanan jemput bola pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA) ke sekolah-sekolah.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Way Kanan Drs.Paryanto melalui Kasi identitas penduduk, Maliki mengatakan, strategi pembuatan KIA ini dengan mendatangi TK, SD, dan kampung Bandar dalam Kecamatan Negeri Agung.

“Kartu Identitas Anak (KIA) merupakan dokumen kependudukan yang harus dimiliki setiap Warga Negara Indonesia (WNI) sebelum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL). Anak-anak juga harus memiliki kartu identitas bukan hanya penduduk dewasa saja”,Ujar Maliki, Kasi identitas penduduk saat mengikuti salah satu kegiatan jemput bola di TK Negeri Pembina Kampung Bandar Dalam, Selasa (25/01).

Baca Juga  DPMK Gelar Pembinaan Dan Updating Data Penyusunan Profil Kampung Di Umpu Semenguk

Lebih lanjut, Maliki menambhakan program ini tak hanya dilakukan di Kecamatan Negeri Agung saja, Namun, dilakukan di 15 kecamatan secara berkala, sesuai permintaan kecamatan atau kampung serta sekolah setempat. Dengan itu, masyarakat dapat melakukan permohonan program jemput bola untuk wilayahnya ke kampung atau ke sekolah setempat.

Baca Juga  Kampung Donomulyo Kembali Salurkan BLT DD Bulan September

“Pada prinsipnya, Disdukcapil siap disetiap hari kerja pada program jemput bola ini. Tak hanya KIA dan KK, Disdukcapil juga siap melayani door to door perekaman e-KTP. Biasanya diperuntukan bagi para lansia atau ODGJ yang kesulitan menjangkau kantor Disdukcapil,” katanya.

Ia pun berharap, melalui program ini pendataan kependudukan warga Kabupaten Way Kanan dapat terus tertangani, dan terus terupdate. Sehingga, data kependudukan warga Kabupaten Way Kanan untuk keperluan kesehatan atau lainnya dapat dijalani tanpa adanya kendala,” harap Maliki

Baca Juga  Kapolres Cup 2022 dibuka, Libatkan Belasan Perguruan Pencak Silat di Way Kanan

Sementara itu, Herli salah seorang warga Kampung Bandar Dalam sangat terbantu dengan layanan jemput bola ini.

“Alhamdulilah prosesnya cepat dan mudah, bahkan tidak sampai 5 menit KIA anak saya sudah jadi. Semoga saja layanan-layanan lainnya bisa juga mudah seperti ini.”imbuh Herli (REd)