Dinas Perpustakaan Selenggarakan Pembinaan Literasi Transformasi Perpustakaan

Blambangan Umpu-Sebanyak 21 orang pegiat literasi mengikuti pembinaan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan Way Kanan dengan tema “Pembinaan Literasi & Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial” bertempat di Aula PKK. Jumat (26/11).

Acara itu dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan, Drs. Juanda, Bunda Literasi sekaligus ketua TP-PKK Way Kanan, Hj. Dessy Afriyanti Adipati, ketua Forum Literasi Way Kanan, Eko Prasetyo.

Dalam sambutannya, Drs. Juanda menyampaikan bahwa Dinas Perpustakaan Way Kanan akan selalu mendorong kegiatan-kegiatan literasi sebagai bagian positif dalam pembangunan SDM.
“Perpustakaan diselenggarakan dengan azas pembelajaran sepanjang hayat, demokrasi, keadilan, profesionalisme dan partisipatif. Maka Dinas Perpustakaan Way Kanan perlu memandang pentingnya acara pembinaan ini”ujarnya.

Baca Juga  SMAN 1 Gula Siap Daftarkan Peserta Didiknya SNMPTN

Sementara itu, Hj. Dessy Afriyanti Adipati mengungkapkan bahwa literasi tidak hanya baca tulis, melainkan memiliki peran lain dalam mendorong kesejahteraan masyarakat.
“Besar harapan saya, melalui kegiatan ini dapat lebih meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para komunitas pegiat literasi dalam membudayakan literasi dan menggerakkan peran lain yang dapat mengembangkan ekonomi melalui kegiatan yang kreatif. Saya juga berterimakasih kepada para pegiat literasi dan akan selalu support membantu gerakan literasi di Way Kanan”paparnya.

Baca Juga  Satu Sekolah Di Way Kanan Belum Melaksanakan PTM?

Terpisah, ketua Forum Pegiat Literasi Way Kanan Eko Prasetyo mengungkapkan, banyak sekali komunitas dan pegiat literasi yang tumbuh secara organik dari kesadaran pribadi untuk mengembangkan budaya baca.
“Banyak sekali tumbuh dan bermunculan komunitas-komunitas baca yang hanya punya tujuan sederhana yakni memberikan akses pengetahuan kepada masyarakat melalui buku-buku bacaan. Komunitas ini bisa berjalan sendiri tanpa anggaran. Pemerintah mesti melihat ini sebagai upaya komunitas yang turut serta ikut membantu mencerdaskan masyarakat”jelasnya (RWK/David)