Kemu adakan KEgiatan Rutin Posyandu

Banjit (RWK)- Kampung Kemu Kecamatan Banjit Melakukan Kegiatan Posyandu Rutin Setiap Bulan Untuk Memeriksa Kesehatan Balita dan Ibu Hamil Serta Lanjut Usia.

Ericca Elvera amd.keb selaku bidan desa mengatakan, Posyandu merupakan suatu wadah kegiatan yang merupakan proses titik temu antara pelayanan profesional dari petugas kesehatan kampung atau desa dan peran serta masyarakat dalam menanggulangi masalah kesehatan, terutama dalam upaya menurunkan angka kematian ibu, bayi dan angka kelahiran bayi dalam suatu kampung atau desa.

Baca Juga  Curat di Way Kanan, Kasat Reskrim Berhasil Amankan Pelaku Curi Sepeda Motor

Penyelenggaraan Posyandu ini dilaksanakan oleh kader-kader Posyandu yang telah dilatih dibidang kesehatan dan Keluarga Berencana, dimana yang anggota Posyandunya berasal dari anggota PKK desa, tokoh masyarakat dan para pemudi dari Kampung setempat.

Maksud dan tujuan diadakannya posyandu ini merupakan untuk meningkatkan tingkat kepedulian masyarakat akan pentingnya kesehatan bagi ibu hamil, bayi atau anak.

Selain itu juga, kegiatan posyandu yang rutin dilaksanakan pada setiap kampung juga bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak melalui pelayanan kesehatan masyarakat.

Baca Juga  Kapolsek Gunung Labuhan Pimpin Operasi Yustisi Pasar Kayubatu

Adapun untuk sasaran dari pelaksanaan kegiatan Posyandu ini adalah bagi seluruh ibu hamil, balita dan anak-anak pada Kampung setempat.

Kegiatan posyandu disetiap kampung ini dilaksanakan secara rutin satu bulan sekali sebagai bentuk kewajiban pemerintah kampung akan kepedulian kesehatan pada masyarakatnya.

Dan untuk hasil yang ingin dicapai dan tindak lanjut dari diadakannya kegiatan posyandu adalah agar masyarakat disetiap Kampung setempat menjadi sadar akan pentingnya pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, bayi dan anak-anaknya.

Sehingga balita dan anak-anak bisa mendapatkan imunisasi yang berguna untuk kekebalan tubuhnya masing-masing dari serangan virus maupun kuman penyakit.

Baca Juga  7 Kasus Diungkap Resnarkoba Way Kanan Dalam Antik Krakatau 2022

Sedangkan tindak lanjut yang harus dilakukan untuk kedepannya yaitu agar kegiatan posyandu ini tetap berjalan untuk mengedukasi serta memberikan pelayanan secara rutin bagi ibu hamil dan anak-anak, sehingga kesehatan masyarakat lebih terjaga dan bebas dari segala bentuk ancaman berbagai penyakit.

Setiap pelaksanaan kegiatan posyandu ini melibatkan Bidan Desa setempat, Kader Kesehatan atau Kader PKK setempat yang bekerja sama dengan Puskesmas dari Kecamatan Desa masing-masing.RWK/HABIBI A.P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.