Adipati Hadiri Giat GPM Di Kampung Banjar Negara Tahun 2023

RADARWAYKANAN.COM – Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M menghadiri Gerakan Pangan Murah (GPM) Kabupaten Way Kanan Tahun 2023 di Halaman Masjid Al-Ikhlas Kampung Banjar Negara Kecamatan Baradatu, Selasa (21/11/2023).

Turut hadir Ketua DPRD Way Kanan, Nikman, S.H, Dandim 0427/Way Kanan, Letkol Inf. Charluly Rudi Jatmiko, Kejaksaan Negeri Way Kanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Dinas Perikanan, Dinas Perkebunan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Bagian Perekonomian Setdakab dan Pimpinan Kecamatan Baradatu

Baca Juga  Arinal Djunaidi Minta Desa di Lampung Mampu Mengelola Sumber Daya dan Teknologi Digital ( SID )

Dalam sambutannya, Bupati Adipati mengatakan bahwa pola panen antar waktu menyebabkan variasi suplai/produksi dan harga pangan antar waktu menurut pola panen komoditas tersebut, karena pada saat panen raya maka suplai akan meningkat dan demikian sebaliknya pada periode panceklik suplai akan berkurang. Adanya kesenjangan antara produsen dan konsumen disebabkan oleh berbagai faktor yang menghambat distribusi pangan diantaranya hambatan pasokan, cuaca, biaya pengangkutan yang tinggi, kualitas infrastruktur, perilaku pedagang dan pengelolaan stok. Dimana kondisi tersebut seringkali menimbulkan terjadinya fluktuasi pasokan dan harga pangan yang berakibat ketidakpastian harga pangan baik di tingkat produsen maupun konsumen, dimana dalam ekslasi lebih luas akan mempengaruhi inflasi pangan.