WNI di AS Mencoblos Hari Ini

RADARWAYKANAN.COM – Warga Negara Indonesia (WNI) di New York, Amerika Serikat (AS) sedang melakukan pencoblosan capres-cawapres dan caleg, Minggu, 11 Februari 2024. Ada sekitar 43 ribu warga Indonesia yang terdaftar dalam DPT Amerika Serikat, kedua terbesar berada di wilayah New York. 

tampak sejumlah WNI sedang mengantre untuk memberikan hak suaranya di Pemilu 2024. Mereka juga terlihat antusias mengikuti pencoblosan. 

Baca Juga  Adipati Pimpin Apel Siaga Pencanangan Vaksinasi PMK di Kecamatan Baradatu

Ada lima TPS yang disediakan di Queens, New York, AS. Toral ada 11 ribu DPT yang terdaftar, sebanyak 2.500 DPT berada di New York. Namun belum dipastikan apakah semua DPT itu akan hadir di TPS.

Sebelumnya,  Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri akan memilih lebih dahulu dibandingkan dengan mereka yang berada di Indonesia. Ia menegaskan bahwa para WNI di luar negeri harus mengikuti ketentuan KPU agar bisa menggunakan hak suara mereka.

Baca Juga  Duh ! Harga Beras Menggila

“Ada tiga cara yang dapat digunakan para pemilih luar negeri dalam memberikan hak pilihnya,” ucap Hasyim saat melakukan jumpa pers di kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin, 5 Februari 2024.

WNI yang berada di luar negeri dapat memberikan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) yang biasanya berada di kantor Kedutaan Besar Indonesia di setiap negara dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia.

Baca Juga  Pemkam Sunsang Bagikan Insetif Kelembagaan

Selain itu, lanjut Hasyim, bagi pemilih yang berhalangan maupun berdomisili di wilayah terpencil juga dapat mengirimkan surat suara Pemilu 2024 melalui pos atau memasukkan ke Kotak Suara Keliling **