UPT Puskesmas Banjit Sosialisasikan Pencegahan Stunting Di Kampung Bali Sadar Tengah

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Banjit – (RWK)-UPT Puskesmas Banjit melakukan Pembinaan Stunting yang di hadiri oleh I Nengah Herman SKM, M.M, Nita Kusuma Dewi S.ST di dampingi Nyoman Sudirga kepala kampung Bali Sadar Tengah, Ketua BPK dan seluruh aparatur kampung.

Pada pembinaan stunting ini dibahas tentang banyaknya remaja yang sudah mengenal minuman keras, remaja yang melakukan seks bebas diluar nikah, dan menggunakan obat-obatan terlarang Psikotropika dan lain-lain. tanpa memikirkan resiko yang akan terjadi kedepannya. Sebagai salah satu contoh yang nyata kita lihat yaitu anak dengan tinggi dan berat badan kurang dari normal. Perlu diketahui bahwa ibu yang mempunyai umur usia 10 sampai 15 tahun beresiko melahirkan 25% anak dengan status stunting dan ibu yang berusia 15 sampai 19 tahun beresiko melahirkan 45% anak stunting.

Baca Juga  Tekan Stunting, Kakam Mulya Agung Pantau Posyandu

Selain itu pembinaan stunting ini juga membahas betapa pentingnya 1000 hari pertama kehidupan. dalam 1000 hari pertama kehidupan ini sangat penting menerapkan pola asuh yang baik dalam pemberian asupan nutrisi dan gizi seimbang pada anak. Pasangan Usia Subur (PUS) yang sedang hamil dan mempunyai balita disarankan rutin mengikuti posyandu untuk memantau tumbuh kembang anak dan mendapatkan imunisasi dasar lengkap.

Baca Juga  Kelurahan Kasui Terus Berinovasi Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Tujuan dari kegiatan yang dilakukan oleh UPT Puskesmas Banjit di kampung Bali Sadar Tengah adalah untuk mengurangi stunting dan menciptakan keluarga yang berkualitas serta menghasilkan generasi yang cerdas kedepannya.

Selain sosialisasi pencegahan stunting UPT Puskesmas Banjit melakukan vaksinasi kepada masyarakat kampung Bali Sadar Tengah, tujuan dari vaksinasi itu sendiri untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga  Fery Soneri,SH,MH Nakhodai DPC PERADI Blambangan Umpu

RWK/HABIBI A.P