Tahapan Pesta Demokrasi Dimasa Pandemi

Blambangan Umpu – Pilkada sebentar lagi, jadi sudah pasti Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Way Kanan semakin menyelesaikan berbagai hal yang belum mereka selesaikan. Sebenarnya, apa saja sih kegiatan KPU Way Kanan demi menyambut pesta Demokrasi ini, serta bagaimana sih kelanjutan setelah kita selesai memilih pada tanggal 9 Desember nanti?

Sekertaris KPU Kabupaten Way Kanan M. Arifin, S.Sos mengatakan bahwa pilkada yang dilakukan kali ini memang sedikit berbeda. Walaupun begitu, kami akan tetap memberikan yang terbaik demi mewujudkan Pilkada yang aman dan nyaman bagi semua masyarakat Kabupaten Way Kanan, Selasa (24/11).

Baca Juga  Kadis Dikbud Way Kanan : Terima Kasih Kepada Kapolres Way Kanan atas Atensinya Mendorong Merdeka Belajar Para Guru

“Pada hari Selasa ini, sudah dijadwalkan penetapan KPPS di 991 TPS. Masing – masing akan berisi 70 orang dengan tambahan petugas penertiban sebanyak dua (2) orang. Lalu kami juga sedang menjadwalkan Bimbingan Teknis kepada KPPS. Tentunya ini agar Pilkada ini berjalan lancar. Takutnya nanti masih ada KPPS yang masih belum tau dengan tugasnya dan membuat kita semua kerepotan,” ujar Arifin.

Baca Juga  Monitoring dan Evaluasi di Kampung Bandar Kasih

“Masalah peralatan Pilkada, nanti masing – masing dari tiap Kecamatan akan mengambil langsung di sini. Rencananya juga pada hari Selasa ini sudah ada salah satu Kecamatan yang akan mengambil. Lalu, masalah surat suara, biasanya akan dikirimkan pada H – 1 pemilihan itu sendiri,” terusnya.

Arifin melanjutkan, “setelah pemilihan tanggal 9 Desember nanti, masih ada beberapa proses lagi sampai penetapan calon terpilih. Itu adalah Rekap Kecamatan yang diadakan tanggal 10 – 14 Desember. Lalu dilanjutkan dengan Rekap Kabupaten tanggal 13 – 17 Desember. Kalau sudah selesai semua, penetapan juga akan dilakukan berdasarkan ada tidaknya gugatan dari pihak yang terlibat serta keputusan dari MK”. (RWK/AT/PB)