Rusman..Rukun kematian dari dan untuk.masyarakat

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Gunung Labuhan (RWK)–  Muslimah NU Kampung way Tuba Kecamatan Gunung Labuhan malam tadi menggelar pengajian pembentukan ranting muslimah NU kampung waytuba dan rukun kematian kampung.

Pada pengajian yang digelar di Masjid Al Furqon Dusun 4 Kampung way Tuba Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan yang dihadir i pula okeh  BPK  Perwakilan Wilayah Abdullah,  dan Dewi, Sekdes Andi Saputra, dan  Kadus Dusun 4 Ansori tersebut  Rusman S.Sos kepala kampung setempat menyatakan dukunnya atas semua kegiatan masyarakat yang bertujuan untuk kemaslahatan umat.

Baca Juga  Masuk Kerja, Camat Negeri Agung Sidak Beberapa Kampung

” Pengajian seperti ini sangat penting bagi kita sebagai pengingat juga untuk memupuk rohani kita dan yang lebih penting lagi bahwa ini merupakan ajang kita bersilaturahim sesama warga kerabat ataupun keluarga melalui pengajian ini pula beberapa persoalan di masyarakat dapat kita atasi bersama ,’ ujar Rusman S Sos.

Masih menurut Rusman bahwa perkembangan kehidupan masyarakat saat ini semakij pesat, dan terus memiliki t8ngjat kesibukan yang tinggi sehingga  dipandang perlu dibentuk Rukun Kematian dengan harapan adanya Rukun Kematian yang nantinya dapat membantu meringankan beban bagi keluarga yang mengalami musibah kematian,  mulai  proses pengurusan jenazah dan pemakaman serta administrasi yang dibutuhkan dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga  Setubuhi Anak di Bawah Umur, Pemuda diringkus Polisi Way Kanan

” Rukun Kematian adalah merupakan organisasi sosial masyarakat kampung.Terutama untuk pengurusan jenazah, agar dapat mempermudah pengurusannya termasuk mungkin   pendanaannya.

Dimana Dana dalam pelaksanaannya  didapat  melalui iuran anggotan dan atau masyarakat  yang sipatnya dari dan jntuk.masyarakat, kegunaannya  diprioritasjan untuk penggurusan jenazah mulai dari kain kafan sampai santunan untuk keluarga yang terkena musibah, perawatan dan pengadaan peralatan serta kegiatan lainnya yang berhubungan dengan Rukun Kematian. Sedangkan pertanggungjawaban penggunaan dana dilaksanakan oleh Pengurus Rukun Kematian.,” terang Rusman.

Baca Juga  62 KPM Sumber Rejeki terima BLT DD Kemiskinan ekstrem

” Jadi Rukun Kematian dibentuk oleh masyarakat kampung dan untuk masyarakat itu sendiri. Rukun Kematian ini semacam arisan duka ,dimana masyarakat yang ikut akan diwajibkan membayar iuran yang telah disepakati dalam setiap bulan. Dengan program arisan duka ini diharapkan bisa membantu masyarakat yang lagi berduka mulai dari persiapan pemakamannya sampai selesai.,” imbuh Rusman.  RWK/HABIBI A.P