Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin Pagar Alam (Upt. RSUD Zapa) Memiliki Unit Transfusi Darah (UTD)

Blambangan Umpu (RWK)-Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin Pagar Alam (Upt. RSUD Zapa) telah memiliki Unit Transfusi Darah (UTD), Umpu Semenguk, (28/10).

Upt. RSUD Zapa melalui Kepala Bidang Penunjang, Deni Kosasih mengatakan bahwa pelayanan UTD RSUD Zapa melayani
Rekrutmen pendonor, Seleksi pendonor, Pengambilan , Pengamanan, Pengolahan , Penyimpanan darah, Pendistribusian, dan terakhir Pemusnahan darah.

Dikonfirmasi awak media mengenai apa saja yang telah dilakukan/kiat RSUD terhadap UTD “Kegiatan yang sudah kita lakukan dalam melestarikan pendonor antara lain telah melakukan kerjasama dengan PMI Way Kanan, POLRES Way Kanan, DANDIM 0427 Way Kanan, Skadron, dan Lanudad gatot subroto,”ungkap Deni.

Baca Juga  Polres Way Kanan Laksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala Semester II T.A. 2020

Deni menjelaskan lagi untuk kegiatan yang sudah mereka lakukan dengan adanya Mobile unit, mereka sudah terlibat dalam kegiatan donor darah dari beberapa kegiatan yang sudah dilakukan di way kanan dan melakukan kerjasama dengan RS H. Kamino dalam memenuhi kebutuhan darah bagi pasien yang dirawat disana.

“Kedepan untuk program jangka panjang kita akan melakukan kerjasama dengan perusahan- perusahaan yang ada di Way Kanan dalam rangka pelestarian pendonor,”jelas Deni.

Baca Juga  Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Baradatu

Deni berharap untuk masyarakat Saat ini bisa melakukan donor darah di Upt. RSUD ZAPA di gedung UTDRS, yg mana selama ini darah dari Kabupaten way kanan dibawa keluar,
“Tetapi dengan adanya UTDRS saat sudah bisa kita olah sendiri untuk memenuhi kebutuhan akan darah di Way Kanan maupun dari sekitar Kab. Way Kanan, Harapan kedepan, semoga masyarakat Way Kanan semakin peduli untuk menjadi pendonor aktif, sebagai upaya kemanusiaan,tutupnya.RWK/ANTA.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *