KPU Way Kanan Petakan TPS Lokasi Khusus


RADARWAYKANAN.COM – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Way Kanan melaksanakan rapat kordinasi pemetaan TPS Lokasi Khusus bersama stake holder di Ruang Rapat KPU Way Kanan Kamis, 9/2.

Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan didampingi Anggota I Gede Klipz Darmaja, Tri Sudarto dan Noprisyah Harianto memimpin rapat yang dihadiri Anggota Bawaslu Triwana, Perwakilan Lapas II.B Way Kanan, Perwakilan Disdukcapil, Perwakilan PT. PSMI Pakuan Ratu, PPK Umpu Semenguk dan Pakuan Ratu.
Dikatakan Refki bahwa pembentukan TPS Lokasi Khusus mempedomani pasal 179 Peraturan KPU 7 Tahun 2022 tentang Pemutakhiran Data Pemilih.

Baca Juga  Satresnarkoba Polres Way Kanan Berhasil Amankan Tiga Tersangka Diduga Edarkan Narkoba

TPS Lokasi Khusus memiliki kriteria terdapat Pemilih yang pada hari pemungutan suara tidak dapat menggunakan hak pilihnya sesuai dengan domisili di KTP-el, Pemilih tersebut terkonsentrasi di suatu tempat dan jumlah Pemilih dapat dibentuk paling sedikit 1 (satu) TPS.
Sebelumnya KPU Way Kanan telah berkordinasi turun langsung untuk memetakan perkiraan TPS Lokasi Khusus ini, yaitu di Lapas II.B Way Kanan dan PT. PSMI Pakuan Ratu. Upaya ini adalah untuk menjamin masyarakat bisa menyalurkan hak pilihnya walaupun di luar domisili KTP nya.

Baca Juga  Kampung Bima Sakti Gelar Musyawarah Laporan Penyelenggaran Pemkam

Perwakilan Lapas Way Kanan Arianto mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung pembentukan TPS Lokasi Khusus ini. Sehingga tidak lagi ada hambatan bagi warga binaan maupun petugas Lapas saat akan mencoblos saat hari H Pemilu, saat ini terdapat sebanyak 558 orang penghuni lapas (Warga binaan).
Diakui memang masih ada warga binaan yang tidak diketahui identitasnya. Hal ini cukup menyulitkan untuk melacaknya. Harapannya dari pihak penyidik atau penuntut dapat juga menyerahkan data diri warga binaan ini agar mudah saat akan dimasukkan sebagai Pemilih.