KPU Rakor Data Pemilih Periode September 2021

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Berita Suara”]

Blambangan Umpu.RWK- KPU Way Kanan Melakukan Rapat Koordinasi Data Pemilih Berkelanjutan Periode September sekaligus menetapkan jumlah pemilih hasil pemutakhiran data berkelanjutan sebanyak 322.800 di Aula KPU Way Kanan, hari ini (4/10),

Pada Rakor yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Refki Dharmawan, dan dihadiri pula oleh Doan Endedi, Tri Sudarto, Noprisyah Harianto, ( Anggota KPU red ) serta Ketua Bawaslu Yessi Karnainsyah, Sekretaris Dukcapil Syahrul Munir, Perwakilan Kodim Kapten Tawi, Perwakilan Polres Aipda Apriyadi S Kanit Politik, Perwakilan Partai Demokrat, Nasdem, PDI-P, PKS,Golkar, Hanura,PKB dan Gerindra, tersebut Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan menyampaikan bila pelaksanaan rakor pemutakhiran data pemilih berkelanjutan Periode September ini itu adalah tindak lanjut UU nomor 7 tahun 2017, dan edaran nomor 366 dalam rangka perbaikan dan update data pemilih.

Baca Juga  Maksimalkan Pembangunan Lebung Lawe Bangun Dua Infrastruktur

“ jadi Rakor kali ini jangan dikatakan hanya sebagai pelengkap atau agar terlihat KPU Way kanan ini bekerja, melainkan memang merupakan amanat dari UU nomor 7 tahun 2017, dan edaran nomor 366 dalam rangka perbaikan dan update data pemilih,” tegas Refki Dharmawan.

Pada kesempatan itu pula, Yessi Karnainsyah, Ketua Bawaslu Way kanan, mengharapkan agar dimasa masa yang akan datang perangkat kampung harus mampu mengupdate data warganya ( mata pilihnya red ) secara berkala agar tidak terjadi lagi yang namanya data pemilih ganda.

Baca Juga  Kampung Gedung Harapan Kembali Gelar Vaksinasi Tahap 2

Terpisah, Syahrul Munir, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Way Kanan menyampaikan pihaknya dalam posisi siap selalu membantu KPU dalam upaya mengupdate data pemilih. Dukcapil selaku instansi pencatat dokumen bagi seluruh masyarakat Way Kanan, jika nanti data tersebut digunakan instansi lain kita persilakan sesuai mekanisme yang berlaku.

“ Kami ( Dinas Kependudukan an Catatan Sipil Way Kanan, red ), terus melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakat Way Kanan yang ingin melakukan perekapan, pencetakan dokumen dan perbaikan data administrasi kependudukan. bahkan dukcapil jemput bola bagi lansia yang berkebutuhan khusus tidak memungkinkan untuk datang langsung ke Kecamatan dan Kabupaten. Kami juga melakukan pelayanan secara online untuk mempermudah masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan.” Ujar Sahrul Munir,

Baca Juga  13 KPM Geruduk Kantor Kepala Kampung Way Tuba

Senada dengan Sekretaris Dinas Dukcapil. Aziz Muslim Perwakilan PKS dan Syairul Sidik SH, Ketua PKB Way Kanan, berharap agar sekretaris Kampung berperan aktif untuk menupdate data warganya yang meninggal dunia, sehingga data terbarau kependudukan Way kanan menjadi lebih baik.

Rapat Kordinasi Pemuktahiran Pemilih Berkelanjutan ( PDPB ) untuk periode September tersebut ahirnya menetapkan DPT 322.800 Pemilih, dengan 337 pemilih baru dan 227 Pemilih tidak memenuhi syarat. tersebar di 15 Kecamatan di Kabupaten Way Kanan. RWKI 1