Kepala Kampung Setia Negara Vera Yuliastuti, S.H Hadiri Bimtek Smartvillage di Bandar Lampung

RADARWAYKANAN.COM – Kepala Kampung Setia Negara dan Adi Setiawan (Operator) Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan mengikuti bimbingan SmartVillage dihotel Kurnia Bandar Lampung, rabu (24/04).

Bimbingan Teknis Smart Village di Lampung adalah sebuah program yang bertujuan untuk mengembangkan desa-desa di Lampung menjadi desa pintar atau smart village. Program ini mungkin bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta inovasi dalam berbagai aspek kehidupan seperti pertanian, pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan.

Baca Juga  Halal Bihalal Dan Tasyakuran HUT Ke-25 Way Kanan, Bupati Adipati Minta Maaf Kepada Jajaran ASN Dan Masyarakat

Bimbingan teknis semacam ini biasanya mencakup pelatihan, workshop, dan berbagai kegiatan lainnya yang dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada para pemangku kepentingan desa, seperti petani, pengusaha lokal, guru, tokoh masyarakat, dan pemerintah desa. Tujuannya adalah agar mereka dapat memahami dan mengimplementasikan konsep smart village dalam pengelolaan sumber daya dan pembangunan desa secara holistik dan berkelanjutan.

Baca Juga  Meriah, Perayaan HUT RI di Kampung Negeri Besar

Kepala kampung Setia Negara Vera Yuliastuti, S.H mengatakan bahwa Kegiatan dalam bimbingan teknis Smart Village di Lampung mencakup:

1.Pelatihan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi masyarakat desa.
2.Pembangunan infrastruktur TIK di desa-desa.
3.Pengembangan aplikasi atau sistem informasi untuk membantu manajemen sumber daya desa.
4.Pelatihan dalam pertanian modern, seperti pertanian berbasis teknologi dan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan.
5.Pelatihan dalam pemanfaatan energi terbarukan.
6.Program kewirausahaan dan pelatihan pengembangan usaha di tingkat desa.
7.Pelatihan dalam pengelolaan keuangan desa secara efisien dan transparan.
8.Pengembangan model pembelajaran dan pelatihan untuk pendidikan di desa.

Baca Juga  Ajak Jaga Kamtibmas, Polsek Kasui Silaturahmi di TPA Miftahul Yaqin

Tujuan akhirnya adalah untuk menciptakan desa-desa yang mandiri, berkelanjutan, dan mampu bersaing dalam era digital dengan memanfaatkan potensi lokal dan teknologi modern secara seimbang.RWK