Diduga Pendataan Banyak kecurangan dan KKN, Abu Haris Minta Keadilan

Blambangan Umpu. RWK- Penyaluran Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung yang saat ini sedang dikucurkan oleh Pemerintah diduga dimanfaatkan oleh Oknum di Kampung Panca Negeri  Kecamatan Umpu semenguk Way kanan, dimana para penerima selain banyak terdapat orang kaya juga diduga lekat dengan KKN , sebab penerimanya merupakan kerabat Kepala Kampung dan Kepala Dusun, dan bahkan ada Anak Kaepala Kampung dan  istri Kepala Dusun itu sendiri.

“ di Kampung Panca Negeri Kecamatan Umpu Semenguk penerima Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung ( BTPKLW red ) ada sebanyak 262 orang, dimana setiap penerima mendapatkan bantuan sebesar Rp. 600.000, saya tidak iri akan tetapi saya ini warga Kampung Panca Negeri  KTP dan KK saya Panca Negeri dan saya belum pernah mendapatkan bantuan jenis apapun dari Pemerintah, saya juga orang kurang mampu, sehingga saya sangat layak untuk mendapatkan bantuan tersebut, akan tetapi saya tidak didata dan tidak mendapatkan bantuan, justru yang mendapatkan bantuan adalah Anak , Kakak ,Adek,  dan Ponakan Kepala kampung, setrta keluarga kepala dusundan lenih anehnya lagi ada orang paling kaya dikampung saya istrinya dapat bantuan,” ujar Abu  H. (27) warga kampung Panca Negeri yang sengaja datang menceritakan nasibnya dengan ditemani seorang kerabatnya ke Kantor Radar Way kanan siang ini.

Baca Juga  Konsolidasi Pengawasan Tahapan, Bawaslu Way Kanan Ajak OKP Awasi Pemilu 2024.

“ banyak warga yang merasa aneh kok anak kepala Kampung yang masih Bujang diduga dapat , kami orang tidak mampu sudah berkeluarga tidak dapat, ada apa ini,” imbuh Abu Haris.

Masih menurut Abu, bahwa dari nama nama yang terdaptar sebagai penerima bantuan itu, banyak yang tidak memiliki warung atau bukan berprofesi sebagai pedagang kali lima, tetapi untuk memenuhi sarat mereka berpoto do depan toko atau warung orang lain yang justru pemilik warung tersebut tidak mendapatkan bantuan.

Baca Juga  Pengurus Granat di Dua Perguruan Tinggi Way kanan dilantik

Sayangnya hingga berita ini ditulis, Marlan Kepala Kampung Panca Negeri belum dapat dikonfirmasi, nomor hp aktih tapi hanya meninggalkan pesan belm dapat menerima panggilan.

Terpisah Pasiter Kodim 0427 Way kanan Kapten A Yani Folsen yang dikompirmasi Radar terkait bantuan yang di salurkan melalui Kodim 0427 Way kanan dengan tegas menyatakan bahwa, di Lampung terdapat 4 Kodim yang dipercaya menjadi pendistribusi Bantuan Tunai Pedagangan Kaki Lima dan Warung dengan jumlah alokasi sebanyak 15 000 warga penerima.

“Untuk Lampung Cuma ada 4 Kodim, salah satunya Kodim 0427 Way Kanan, dengan jatah 15 000 penerima, karena Way Kanan ini ada 15 Kecamatan, maka kami bagi menjadi 1000 orang penerima dalam 1 Kecamatan, dimana bagi penerima bantuan harus warga yang memenuhi kriterai dan belum pernah menerima bantuan apapun dari Pemeirntah baik pusat ataupun daerah,” ujar Kapten A. Yani Folsen.

Baca Juga  Hudson Tunaikan Kewajiban diahir masa jabatannya dengan salurkan BLT DD untuk warganya

Masih menurut Kapten A. Yani Folsen bahwa untuk tahun ini per orang akan menerima bantuan sebesar Rp. 6000 000, berbeda dengan tahun sebelumnya Rp 1.200.000 /orang,

“ Kami memang membagikan, akan tetapi yang melakukan pendataan adalah Aparatur dan dan Babinsa, kami di Kodim hanya membagikan uang bantuan sesuai dengan data yang  kami dapatkan dari Kampung,” tegas Kapten A Yani Folsen seraya meminta maaf untuk melanjutkan pekerjaannya memantau pelaksanaan penyaluran BTPKLW. Di kantornya. RWK I