Air Terjun Putri Malu masuk nominasi Desa Anugrah Wisata

Banajit (RWK)- Kampung Jukubatu, Kecamatan Banjit, kabupaten waykanan masuk 500 besar penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2022 dari 3.419 Wisata se Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, 19 April 2022, melalui channel yotube Jejaring Desa Wisata (Jadesta) mengumumkan langsung bahwa salah satu kampung yang ada di kabupaten waykanan tepatnya kampung Juku batu kecamatan banjit masuk Nominasi Desa Wisata di 500 besar.

” Kadisporapar melalui kepala bidang nya Edwin Hendri mengucap syukur tahun ini Kampung Jukubatu Mewakili Kabupaten Way Kanan Masuk Nominasi Desa Wisata di 500 besar, semoga bisa masuk di tahap selanjutnya,”ucapnya.

Baca Juga  Dinas PMK Way Kanan : Selamat dan Sukses Hari Ulang Tahun Radar Way Kanan Ke 3

Menurutnya, ADWI 2022 ada sebanyak 7 pendaftar Desa Wisata dari kabupaten waykanan adapun nama desa wisata yang mendaftar yaitu :

  1. Bendungan Way Besai, Kampung Bonglay, (Kecamatan Banjit)
  2. Curup Jepun, Kampung Negeri Baru, (Kecamatan Umpu Semenguk)
  3. Kukup green canyon, Kampung Sumber Sari (Kecamatan Banjit)
  4. Curup Putri Malu, Kampung Jukubatu (Kecamatan Banjit)
  5. Bendungan Way Umpu, Kampung Rantau Temianh (Kecamatan Banjit)
  6. Curup Pinang Indah, Kampung Gunung Sari (Kecamatan Rebang Tangkas)
  7. Kampung Wisata Gedung Batin.(Kecamatan Umpu Semenguk)
Baca Juga  Pemkam Gedung Harapan Laksanakan Perbaikan Jalan Poros

Selanjutnya dengan masuknya di 500 besar Kampung Jukubatu satu-satunya yang mewakili Kabupaten Way Kanan menjadi nominasi ADWI merupakan berkat kerjasama antara pemerintah daerah dengan masyarakat Kampung Jukubatu

” Masih kata Kabid porapar Ini tentu akan menjadi motivasi bagi Desa Wisata kita yang kita miliki, dan untuk desa wisata yang lain kedepan bisa kita ikutkan lomba di tahun berikutnya. Kita yakin bahwa potensi wisata air terjun putri malu Kampung Juku batu tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia,” terang Edwin

Baca Juga  Kampung Tanjung Rejo Salurkan Bansos Beras Bagi 469 KPM

Di tempat berbeda M. A Khoirin Kepala Kampung Juku batu Berharap kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno bisa memperhatikan Jaringan Internet di Kampung Juku batu khususnya yang masih sangat tidak memadai.

“M.A Khoirin kepala kampung Juku batu mengatakan semoga dengan masuknya Kampung Juku batu nominasi 500 besar penilaian anugrah desa wisata Indonesia (ADWI) 2022, supaya jaringan internet bisa masuk di Juku batu karena di era digital sangat dibutuhkan,” pungkasnya.

RWK/HABIBI A.P