Taukah Anda, Ini Manfaat Ikan Lele Bagu Kesehatan

Radar Waykanan.ComNegeri Besar, – Bagi masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan ikan lele. Ikan ini cukup banyak dikonsumsi karena rasa yang lezat dan mudah diolah menjadi berbagai hidangan. Lele juga sangat bergizi dengan harga terjangkau.

Ciri Ikan lele dengan kepala yang sangat besar, hingga seperempat panjang tubuhnya. Kepala lele berbentuk pipih dengan lempeng tulang di bagian atas. Ciri lain adalah kumis pada rongga hidungnya.

Baca Juga  Bustami Zainudin: Hilirisasi Produk Pertanian Kunci Peningkatan Kesejahteraan Petani

Beberapa Manfaat Ikan Lele diantaranya, Daging ikan lele secara umum memiliki rasa enak dan gurih. Lele juga mudah diolah dan diberi berbagai bumbu hingga menjadi panganan seperti abon dan nuget . Makan lele memberi banyak manfaat bagi tubuh.

Dalam tulisan clarias sp Ikan Berkumis, Berjuta Selera, Beragam Manfaat dari Moh Nur Nawawi di situs academia, beberapa kegunaan mengonsumsi lele, Sumber Protein
Protein dalam ikan lele mengandung asam amino esensial lisin, metionin, dan leusin yang lebih tinggi daripada susu serta daging. Leusin dapat membantu proses pertumbuhan anak.

Baca Juga  Waduh, Whatsaap Akan diblokir Permanen Bulan Ini

Baik untuk Tulang dan Gigi
Karena Ikan lele mengandung fosfor yang membantu tubuh menyerap kalsium. Zat kalsium digunakan dalam pembentukan tulang dan gigi sehingga tidak mudah keropos. Fosfor sangat dibutuhkan pada ibu hamil untuk menjaga tulang tetap kuat.

Menjaga Kesehatan Otak dan Jantung
Lele mengandung omega 3 dan 6 yang mampu menjaga fungsi otak serta mencegah penyakit jantung. Lele juga mampu menurunkan risiko kolesterol, diabetes, dan jantung koroner.

Baca Juga  Camat Negara Batin Pimpin Upacara Peringatan HUT Provinsi Lampung Ke-60

Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Kandung omega 3 dalam lele mampu membantu menurunkan tekanan darah, merawat kesehatan kulit pada pasien ekzema dan dermatitis, serta berperan membentuk lapisan jaringan saraf terluar pada otak. RWK/JONI