Manfaat Alang Alang Bagi Kesehatan

RADAR WAY KANAN.COM– Blambangan Umpu ada sebuah tanaman liar yang biasa kami sebut dengan bahasa daerah liyoh,atau yang tenar dengan sebutan alang alang dalam bahasa Indonesia.Sabtu 20/05/2023

Nama Latin tumbuhan alang-alang adalah Imperata cylindrical L. Alang-alang ditempat kami tumbuh hingga 120 sentimeter.di tempat kami alang alang tumbuh liar bahkan di bilang salah satu rumput yang menjengkelkan bagi para petani sempat.

Baca Juga  Hadiri Pengajian Rutin Kliwonan Kampung Sumamukti, Camat Way Tuba Himbau Ini Kepada Warga

Nah,jadi kalau di tempat kami untuk mendapatkan alang alang cukup mudah dan cuma cuma alias gratis,karena di tmpat kami bisa di bilang masih banyak di jumpai trutama di kebun kebun petani bahkan di pinggir jalan.

Alang Alang sendiri ditempat kami banyak di manfaatkan daunnya untuk atap gubuk para petani,dan sering dijadikan obat tradisional.
batangnya yang masih muda dan rimpangnya,sering di rebus oleh para penduduk lalu air rebusan itu di minum, biasanya di gunakan untuk obat darah tinggi,panas dalam,ginjal,dan lainnya.

Baca Juga  Gawat! KPU Diduga Palsukan Tanda Tangan Saat Verifikasi Faktual

Seiring berjalannya waktu, perkembangan zaman dan teknologi Ternyata rimpang alang-alang mengandung manitol, glukosa, sakarosa, asam malik, asam sitrat, tanin, polifenol, flavonoid, dan berbagai zat lainnya.ini penurut para peneliti.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Majalah Kedokteran Bandung pada tahun 2015 menunjukkan bahwa akar alang-alang mengandung antioksidan dan polifenol tinggi. Kandungan ini memberi efek mampu menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Baca Juga  Kampung Kota Baru Salurkan BLT DD Tahap 3 Bagi 35 KPM

Alang-alang dipercaya memiliki khasiat mendinginkan dan bisa digunakan untuk meredakan panas dalam dan sebagai antipiretik atau menurunkan demam.Pantas saja di minuman ternama untuk panas dalam banyak mengandung akar alang alang.RWK-SR