Mahal ! Tapi Banyak Manfaatnya

Radarwaykanan.com, – Bermancam manfaat bawang untuk kesehatan hingga dipertengahan bulan ini, Harga bawang dikalangan masyarakat seputaran Kecamatan Pakuan ratu Kabupaten Waykanan.

Harga masih bertahan dengan kategori mahal, Bawang putih Rp. 20.000 untuk Bawang merah RP. 60.000 dan Bawang jenis pakistan Rp. 24.000 /kg. Seperti penjelasan para penjual dan pembeli saat ini Jum’at (17/06/2022).

Salah satu pembeli bawang di wilayah tersebut, Neli menjelaskan kegunaan dan manfaat dari bawang, Khususnya jenis bawang merah ini’ kerap digunakan sebagai bumbu untuk menambah cita rasa pada masakan.

Namun tak hanya sebagai bumbu masakan, bawang merah juga telah lama dikenal sejak zaman dahulu sebagai salah satu obat tradisional Indonesia yang dipercaya dapat mengatasi beragam masalah kesehatan, mulai dari sembelit, batuk dan pilek, hingga susah tidur.

Tambahnya tak hanya itu, bawang merah juga mengandung senyawa sulfur organik dan berbagai macam antioksidan, seperti flavonoid, polifenol, quercetin, dan saponin. Juga manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan kita.

Baca Juga  Memperingati 10 Muhharam Sekaligus Temu Pamit PJ Kepala Kampung Segara Midar

“Terutama menjaga kesehatan jantung, Studi menunjukkan bahwa kandungan nutrisi di dalam bawang merah mampu mencegah penggumpalan darah dan mengurangi penumpukan lemak atau kolesterol jahat di dalam pembuluh darah. Tak hanya itu, bawang merah juga mengandung allicin, salah satu jenis senyawa sulfur organik yang dapat melebarkan pembuluh darah. Kombinasi manfaat tersebut menjadikan bawang merah baik dikonsumsi untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Dan mengontrol kadar gula darah
Tak hanya menjaga kesehatan jantung, bawang merah juga diyakini dapat menurunkan kadar gula darah sekaligus meningkatkan kadar hormon insulin dalam tubuh. Manfaat ini membuat bawang merah baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe’2.

Serta menangkal efek radikal bebas, Bawang merah merupakan salah satu tanaman yang kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan ini mampu melindungi sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit, seperti kanker. Tak hanya itu, beberapa riset juga menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam bawang merah berpotensi untuk menghambat perkembangan penyakit degeneratif, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Baca Juga  Indonesia Kini Resmi Miliki 38 Provinsi, Berikut Daftarnya

Juga menjaga fungsi ginjal, Manfaat bawang merah lainnya adalah menjaga fungsi ginjal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang merah mampu menurunkan kadar asam urat dan kadar kreatinin di dalam tubuh, sehingga kesehatan ginjal pun lebih terjaga. Meski demikian, sejauh ini penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas bawang merah untuk menjaga fungsi ginjal masih perlu diteliti lebih lanjut.

Juga bisa meredakan reaksi alergi, Saat seseorang mengalami reaksi alergi, tubuh akan melepaskan zat histamin yang memicu munculnya berbagai gejala alergi, seperti mata berair serta rasa gatal pada kulit dan hidung.

Baca Juga  Bejat! Ayah Kandung Perkosa Anak Selama 6 Tahun

Bawang merah diketahui mengandung antioksidan quercetin yang dapat bertindak layaknya antihistamin, sehingga mampu mengurangi gejala reaksi alergi.

Namun, efektivitas dan tingkat keamanan bawang merah untuk meredakan reaksi alergi masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Selain beberapa manfaat di atas, bawang merah juga dipercaya dapat meredakan gejala flu dan batuk, melancarkan pencernaan, mencegah konstipasi, dan menjaga berat badan tetap ideal.

Untuk memperoleh khasiat dan manfaat bawang merah secara maksimal, Kita dapat mengonsumsinya dengan cara diolah menjadi berbagai jenis masakan atau ditambahkan ke dalam sup dan salad.

Jangan memasaknya dengan cara digoreng, karena cara ini dapat menghilangkan nutrisi bawang merah yang bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, Anda juga perlu melengkapi asupan nutrisi sehari-hari dengan cara mengonsumsi makanan sehat lainnya, seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan yang mengandung protein. Tegasnya.. RWK Azhari.