Kampung Waytuba Naik Status Dari Maju ke Mandiri Berkat Sinergi Bersama Seluruh Elemen Masyarakat

RADARWAYKANAN.COM,- Kampung Waytuba merupakan salah satu kampung dari 21 kampung yang berada di Kecamatan Gunung labuan Kabupaten way kanan dengan seiring perkembangan dan kemajuan zaman dipimpin oleh putra daerah way tuba ya itu Rusman S.Sos kini Kampung tersebut berubah status menjadi Mandiri yang artinya telah terpenuhi Aspek Kebutuhan sosial Dasar, infrastruktur Dasar, Sarana Dasar, Pelayanan Umum, penyelenggaraan Pemerintah kampung dan Secara kelembagaan telah memiliki keberlanjutan.

Perlu diketahui oleh kita semua bahwa salah satu manfaat pengklasifikasian status desa ini adalah dalam rangka menentukan intervensi dari aspek anggaran maupun kebijakan pembangunan di desa.

Baca Juga  Jumat Curhat, Anak SMAN 1 Blambangan Umpu Sampaikan Ini Kepada Kapolres Way Kanan

Indeks Desa Membangun (IDM) menjadi salah satu indikator penting bagi perkembangan pembangunan di desa. Adanya evaluasi ini dapat memberikan informasi tentang status desa, mulai dari status Desa Sangat Tertinggal, Desa Tertinggal, Desa Berkembang, Desa Maju, sampai Desa Mandiri. Aspek yang dievaluasi dari IDM ini terdiri dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Lingkungan/Ekologi.

Kepala Kampung Way Tuba Kecamatan Gunung Labuhan, Rusman, S.Sos mengucapkan terimakasih kepada segenap jajaran pemerintah kampung, Ketua BPK beserta anggota, Kader Posyandu, TP-PKK atas naiknya status kampung dari Maju menjadi MANDIRI dengan nilai IDM 0,8378.

Baca Juga  Begini Cara Mencairkan BLT El Nino Rp 400 Ribu lewat Kantor Pos

Rusman S.Sos mengatakan kepada jurnalis Radar Waykanan Awal dia menjabat menjadi Kepala Kampung, Way Tuba menyandang Status Berkembang sampai 1 Tahun menjabat naik menjadi Maju, sampai 2 tahun menjabat naik menjadi Mandiri.

“Alhamdulillah, berkat kinerja Pemerintah Kampung Way Tuba (Sekdes, Kasi Kaur, Operator, Kadus RT, TP-PKK, Kader Posyandu) yang bersinergi dengan Ketua BPK beserta Anggota status IDM Kampung Kita Naik menjadi Mandiri,” Ujar Rusman

Rusman juga menambahkan, Ucapan terimakasih juga kami ucapkan kepada Bidan Desa, Segenap Kepala Sekolah dari TK sampai SMA yang telah bersinergi kepada pemerintah Kampung, mudah-mudahan status IDM kampung way tuba menjadi mandiri ini kita pertahankan bahkan akan tetap kita tingkatkan lagi,”ucap Rusman, S.Sos

Baca Juga  Polsek Baradatu Amankan Satu ABH Curi Hp di Warung

Masih kata Rusman S.Sos bahwasanya Indeks Ketahanan Sosial terdiri dari Dimensi Modal Sosial (indikator solidaritas sosial, memiliki toleransi, rasa aman penduduk, kesejahteraan Sosial); Dimensi Kesehatan (indikator pelayanan kesehatan, keberdayaan masyarakat, dan jaminan kesehatan); Dimensi Pendidikan (indikator akses ke pendidikan dasar dan menengah, akses ke pendidikan non formal dan akses ke pengetahuan); dan Dimensi Permukiman (indikator akses ke air bersih, akses ke sanitasi, akses ke listrik, dan akses ke informasi dan komunikasi).

RWK HABIBI ADI PUTRA