iklan

Hujan Membawa Berkah Tersendiri Bagi Petani Jagung

Gunung Labuhan, RWK-Diperkira curah hujan stabil, Petani Jagung Kampung Bengkulu Jaya, Kecamatan Gunung Labuhan, Waykanan mengejar target 3 Kali Panen dalam setahun, yang umumnya setahun sebanyak dua kali panen.

“Sebenarnya, kalau secara umum, tumbuhan jagung ini dalam setahun dapat kita tanam sebanyak dua kali sehingga panen bisa dua kali, namun jika cuaca memungkinkan (curhah hujan stabil,red) bisa kita tanam sebanyak 3 kali dalam setahun. Kebiasaan ini sering saya lakukan dan sudah menjadi alasan saya untuk lebih cepat menanam jagung sejak awal supaya panennya lebih dulu, ” kata Nandar.

Menurut Nandar, Penen lebih awal diantara petani yang lain, banyak diuntungkan, terutama masalah harga biasanya lebih mahal.

Bacaan Lainnya
Baca Juga  Jumat Bersih, Kakam Negeri Baru Ajak Jaga Kebersihan

“Menurut pengalaman saya yang sudah-sudah, panen lebih awal kita diuntungkan oleh harga, biasanya lebih mahal, mungkin saja karena permintaan pabrik banyak sedangkan produksi sedikit sehingga berpengaruh harga, hal ini menjadi tolak ukur saya, ” ujar Nandar.

Pernyataan Nandar tersebut dibenarkan, Hitman (35) yang juga petani jagung. Menurut Hitman, 3 kali menanam jagung dalam setahun memang hasil panen lebih melimpah, terkait harga pun tidak kecewa. Tetapi untuk menanam jagung ini memang harus benar-benar memiliki management serta kehati-hatian yang baik jika tidak maka akan mengalami kerugian.

Baca Juga  Seorang Pemuda Miliki Senpi Rakitan, Diringkus Satreskrim Polres Way Kanan

“Sebenarnya menanam jagung ini banyak resiko, harus ekstra hati-hati, sedikit saja lengah dengan perawatan yang tidak baik, apalagi ditambah dengan cuaca yang tidak mendukung maka pertumbuhan jagung kita bisa terkendala (tidak subur) dan ini ancaman besar petani gagal panen,” terang Hitman seraya ia menyinggung kelangkaan pupuk yang sulit didapatkan.

“Apalagi kalau kurang pupuk maka tamatlah riwayatnya, kita pastikan tidak mendapat hasil yang maksimal, apalagi sekarang pupuk langka, kalaupun ada harganya mahal dan terbatas, ” pungkasnya. RWK/Oksi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.