KPU : Penyandang Disabilitas Tidak Perlu Ragu Untuk Datang KE TPS

  • Whatsapp

        
    

Blambangan Umpu – Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Way Kanan tinggal menghitung hari. Masyarakat Kabupaten Way Kanan sendiri terlihat sangat antusias dengan pesat demokrasi yang akan terjadi beberapa hari lagi ini. Terlihat dari banyaknya mata pilih yang terdaftar serta masyarakat yang menunjukkan rasa kerja sama yang baik dengan pihak – pihak yang terlibat.

Walaupun masih dalam sesi kampanye, pihak KPU Kabupaten Way Kanan tetap selalu melakukan proses yang dikiranya perlu. Mulai dari membuat simulasi pemilihan demi melihat masalah apa yang muncul dan bagaimana cara mengatasinya, serta mengurusi logistik pemilihan seperti pelipatan surat suara dan yang lainnya.

Ketua KPU Kabupaten Way Kanan Refki Dharmawan, SH. menjelaskan bahwa memang dari beberapa proses yang kita lakukan kemarin, kita jadi tahu masalah apa saja yang biasanya muncul dan bagaimana untuk mengatasinya. Apalagi sekarang ini kita semua sedang berada di dalam masa pandemi yang membuat kita lebih memperhatikan hal kecil lainnya, Senin (30/11).

Baca Juga  Korban Tenggelam Akhirnya Ditemukan

Mata pilih penyandang disabilitas (kelainan) juga tidak perlu ragu untuk datang ke TPS. Sebab, pihak KPU juga telah mempersiapkan diri demi menyambut mata pilih yang seperti ini.

“Kita memetakan pemilih yang disabilitas. Untuk disabilitas yang cacat fisik, KPU memastikan akses TPSnya ramah disabilitas. Contohnya seperti tempatnya datar, tidak merundak – undak atau berbentuk tangga dan tidak melewati irigasi. Kemudian setiap TPS dilengkapi dengan alat bantu coblos dengan huruf braille,” terang Refki.

Baca Juga  Rahmat Darmawan Harap Ada Bibit Unggul Pebola Way Kanan Dengan Diresmikan Buzcamp La Nyalla Academia FC

Masih dari Ketua KPU Way Kanan tersebut, “bagi penyandang disabiltas, pada saat di TPS dapat dibantu oleh pendamping. Baik dari luar ataupun petugas KPPS dengan mengisi formulir pendampingan, dengan ketentuan tidak boleh mengintervensi, mengarahkan pemilih mencoblos Paslon tertentu dan merahasiakan apa yang dicoblos pemilih,”.

Dengan begini sudah dapat dipastikan kalau kalian sebagai mata pilih itu memang sangat diprioritaskan oleh pihak setempat. Jangan sampai kalian tidak ikut berpartisipasi di tanggal 9 Desember nanti ya. Dan pastikan untuk tetap mematuhi segala macam protokol kesehatan yang memang telah ditetapkan oleh pemerintah kita. (RWK/AT)

Related posts