Sosialisasi Program 5 Pilar (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat)

  • Whatsapp

Gunung Labuhan (RWK)- Puskesmas Gunung Labuhan melakukan sosialisasi 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di kampung kayu Batu Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten way kanan bertempat di Masjid Nurul falah kayu Batu Kamis 19/11/2020.

STBM adalah satu Program Nasional di bidang sanitasi yang bersifat lintas sektoral. Program ini telah dicanangkan pada bulan Agustus 2008 oleh Menteri Kesehatan RI. STBM merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Strategi Nasional STBM diatur pada Kepmenkes No 3 tahun 2014. Strategi ini menjadi acuan bagi petugas kesehatan dan instansi yang terkait dalam penyusunan, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi terkait dengan sanitasi total berbasis masyarakat.

Baca Juga  Bupati Keluarkan Surat Edaran Perpanjangan Belajar daring

Kegiatan tersebut dihadiri tenaga kesehatan dari Puskesmas Gunung Labuhan, bidan desa, kader posyandu dan perangkat kampung kayu Batu Kecamatan Gunung Labuhan.

“Kegiatan ini dapat berhasil apabila mendapat dukungan semua lintas sektor yang terkait. Sehingga dibutuhkan kolaborasi dari pihak-pihak yang menjadi tokoh kunci karena merupakan orang-orang Yang menjadi panutan di lingkungan masyarakat karena sanitasi saat ini merupakan urusan bersama. Tidak lagi terbatas hanya wewenang dari satu dinas tertentu tetapi sudah meluas ke berbagai penggiat yang ada baik di pemerintahan maupun di non pemerintahan”.

Baca Juga  Keluhkan Bau Menyengat Air Limbah Pengepok Karet

Strategi yang dilakukan adalah dengan prinsip keteladanan, pendekatan dari para tokoh masyarakat, karena budaya meniru dari tokoh panutan di masyarakat cukup tinggi.

Sesudah tokoh masyarakat dan kadernya merubah perilaku stop buang air besar sembarangan/SBABS baru mereka masuk masyarakat untuk memicu. Idealnya STBM dilaksanakan dengan menggunakan asas Tridaya, Asas Tridaya yang dimaksud adalah pemberdayaan manusia (pelatih) pemberdayaan usaha (sampah dan limbah) dan pemberdayaan lingkungan STBM. RWK/HABIBI A.P

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *