KPU Beserta Calon Zoom Meeting Agenda Pilkada Berintegritas

  • Whatsapp

        
    

Blambangan Umpu (RWK) – Komisi Pemilihan Umum (KPU red) Kabupaten Way Kanan beserta Pasangan calon mengikuti Teleconverence via zoom meeting agenda Pilkada berintegritas, pembekalan kepada pasangan calon kepala daerah oleh KPK, Kemendagri, KPU, dan Bawaslu. Rabo (11/11).

Nampak hadir dalam zoom meeting kegiatan meeting pembekalan kepada kepala daerah Pilkada berintegritas tahun 2020 diikuti oleh KPK, Kemendagri, KPU dan Bawaslu beserta Pasangan calon kepala daerah Kabupaten Way Kanan, provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Lampung, kepulauan Kalimantan Timur, kepulauan Nusa Tenggara Timur NTT.

Refki Dharmawan S.H mengatakan, sesuai dengan undangan dari KPU RI menindaklanjuti surat dari KPK RI, kita mengikuti rapat zoom meting, dengan peserta KPU, Bawaslu, kabupaten, calon kepala daerah, dari provinsi kepulauan Riau, Kaltim, NTT dan Lampung. Dengan agenda Pilkada Berintegritas, pembekalan kepada pasangan calon kepala daerah oleh KPK, KPU RI dan Bawaslu RI.

Baca Juga  Ketua TP-PKK Rakor Dengan OPD

Menurutnya, Ketua Bawaslu RI Abhan memberikan materi pertama yang memaparkan larangan-larangan dalam pelaksanaan pemilihan seperti sangksi tegas terhadap yang terbukti TSM malakukan money politik, larangan dalam kampanye dan pelaporan dana kampanye.

Kemudian mewakili ketua KPU RI, anggota KPU RI divisi Hukum Hasyim Asy’ari,
Menekankan pemilihan yang berintegritas, dimana KPU berkomitmen agar penyelengara berintegritas, dan mendorong peserta dan pemilih agar mewujudkan pemilihan yang berintegritas dan juga pelaksanaan pemilihan dimasa pandemi.

Baca Juga  Dua Warga Kecamatan Negeri Agung Jadi Tersangka Penyalah Guna Narkoba

Ditambahkan materi dari ketua KPK agar para calon kepala daerah menjaga integritas, tidak ada money politik atau mahar politik kepada parpol, Ada tiga hal yang menyadi sorotan KPK sehingga menekankan itergritas terhadap calon kepala daerah, “Luasnya kewenangan kepala daerah, banyak kepala daerah yang tersangkut korupsi, politik uang pada pilkada,”Tegasnya

Terpisah Kemendagri Tito karnavian memastikan, anggaran untuk Pilkada sudah 100% ditransfer dan mengharapkan,”pilkada dapat berjalan dengan sukses, damai dan bebas covid-19, Kemudian calon kepala daerah di minta untuk menandatangani fakta integritas,”pungkasnya.RWK/Awal

Related posts