BELAJAR DEMOKRASI, PEMILIHAN KETUA OSIS SMP NEGERI 1 BANJIT.

  • Whatsapp


        
    

Banjit (RWK)-SMP Negeri 1 banjit menggelar pemilihan ketua OSIS masa bakti 2019-2020 dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu) 11/11/2020). Kegiatan yang digelar di ruangan sekolah ini bertujuan untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa.

Kepala sekolah M. Zayadi Mpd sangat memberikan apresiasi pada kegiatan ini. menurutnya, kegiatan seperti ini sangat bagus untuk melatih anak cara berdemokrasi dengan baik dan benar. Selain itu, beliau juga berpesan kepada calon ketua yang terpilih untuk selalu peka terhadap aspirasi dari peserta didik dan anggota OSIS. Juga menjalankan semua program-program dengan baik.

Pesta demokrasi tingkat sekolah ini digelar oleh Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK). Semua persiapan pencoblosan sampai perhitungan surat suara dilakukan oleh anggota MPK. Menyiapkan undangan pemilihan, pembagian surat suara, menyediakan bilik suara, kotak suara, dan sampai tinta untuk penanda dilakukan oleh MPK.

Baca Juga  Kapolsek Negeri Besar Resmikan Kampung Tangguh Tiuh Baru

Sebelum mencoblos, ratusan siswa nampak mengantre untuk menyerahkan undangan pencoblosan yang diterima dari MPK. Setelah menyerahkan undangan, para siswa mendapatkan surat suara. Isinya adalah nama kandidat, lalu para siswa pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Setelah mencoblos, siswa melipat surat suara seperti semula. Selanjutnya, surat suara dimasukan ke kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, MPK memberikan tanda berupa tinta di tangan pemilih agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali.

Ibu Basnita pembina OSIS, mengatakan pemilihan ketua OSIS layaknya pemilu ini merupakan agenda tahunan dari OSIS yang sudah lama digelar di SMP Negeri 1 banjit. Tujuannya untuk memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan sejak dini tentang tahapan pemilu kepada peserta didik. Terdapat sedikit perbedaan pada pesta demokrasi sekolah kali ini, yang biasanya calon ketua dan wakil ketua OSIS dipilih dengan sistem tim tetapi sekarang dilakukan dengan sistem individu. Semua berhak mencalonkan diri menjadi ketua. Suara terbanyak akan menjadi ketua OSIS dan yang kedua sebagai wakil I, sedangkan terbanyak ketiga akan menjadi wakil II.

Baca Juga  Saipul, Mari Sukseskan Pendataan BKKBN

Kegiatan pemilihan ketua OSIS di SMP Negeri 1 banjit ini sudah dimulai sejak tanggal 5/11/2020. Diawali dengan seleksi calon hingga yang terakhir adalah kampanye penyampaian visi dan misi. Kemudian dilanjutkan dengan pemilihan. Setelah semua siswa memilih, kegiatan dilanjutkan dengan perhitungan surat suara yang dilakukan oleh MPK dan diawasi oleh saksi. Setelah surat suara dihitung, hasilnya dapat dilihat hari ini juga.

Pemilihan Ketua OSIS kali ini terdapat 3 anggota OSIS yang mencalonkan diri sebagai ketua, yaitu:
1.Hafidzul Umam.AS dan wakil Indah Damayanti

  1. M.Albahri As sidik dan Aulia Amanda P
  2. Aldiansyah dan Gerry Febrian.
    Dan akhirnya dimenangkan oleh pasangan nomor urut 1 dengan perolehan suara 1.130
    2.125
  3. 35.dan batal 1\RWK/HABIBI A.P

Related posts