KPU Perlakukan Khusus Kaum Disabilitas Disaat Pilkada

  • Whatsapp

Blambangan Umpu (RWK)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyediakan Akses bagi penyandang disabilitas dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Way Kanan tahun 2020, dengan menerapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Aksesibilitas atau ramah disabilitas terutama yg memiliki disabiltas fisik.

akses penyandang disabilitas ini sangat penting karena di setiap tempat pemungutan suara (TPS) pasti ditemukan akses yang berbatu, bergelombang atau berundak
belum lagi kesulitan yang dihadapi disabilitas netra dan rungu ditengah pandemi virus Covid-19 dalam menyesuaikan protokol kesehatan pada pencoblosan.

Baca Juga  Hore ASN Bebas

Saat dikonfirmasi, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Way Kanan Refki Darmawan, S.H mengatakan bahwa
“penyandang disabilitas nantinya akan mendapatkan pelakuan khusus saat mencoblos pada 9 Desember 2020, seperti
TPS harus mudah di akses bagi penyandang disabilitas yg mengunakan kursi roda atau alat bantu dalam berjalan, seperti tidak melewati jalan bergelombang, berundak, tangga atau drainase sehingga sulit di akses disabilitas, di TPS juga nanti disiapkan alat bantu coblos tuna netra dan di bantu oleh petugas.

Baca Juga  Kasus Dugaan Penggelapan Dana Pusat BUMKam Gunung Sangkaran Pada Tahap Perlengkapan Berkas

Masih menurut Refki, untuk jumlah data disabilitas yang sudah ditetapkan dalam daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Way Kanan tahun 2020, ada 1.037 pemilih, yang terdiri dari 539 pemilih laki-laki dan 498 pemilih perempuan.

Pemilih disabilitas ini ada empat kategori, yakni disabilitas fisik 445 pemilih, disabilitas intelektual 54 pemilih, disabilitas mental 272 pemilih, dan disabilitas sensorik 266 pemilih.” pungkasnya.
RWK/Alba

Related posts