Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Baradatu

  • Whatsapp

Baradatu (RWK)- Pihak kecaman Baradatu adakan Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di kampung Bumi Rejo, bertempat di aula Kampung Bumirejo yang dihadiri Camat Baradatu Desta Budi Rahayu N.S.STP.

Camat Baradatu mengatakan betapa pentingnya PHBS (Perilaku Hidup Bersi dan Sehat). Di Tatanan Rumah Tangga adalah semua perilaku kebersihan dan kesehatan yang dilakukan atas kesadaran masing masing sehingga setiap anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan ikut berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.

Pengertian PHBS di Tatanan Rumah Tangga adalah upaya untuk menyadarkan keluarga dan masing masing anggota keluarga agar memilki kemauan dan kemampuan dalam mempraktikkan PHBS,sehingga keluarga dan seluruh anggota keluarga dapat memelihara dan meningkatkan kesehatannya, mencegah resiko terjadinya penyakit dan melindungi diri dari ancaman penyakit serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat. Rumah tangga atau keluarga yang sehat dapat diwujudkan dengan mengimplementasikan PHBS dan menciptakan dukungan lingkungan yang sehat.

Baca Juga  Koramil 427-04/Bahuga Melaksanakan Komsos (Komunikasi Sosial)

Rumah tangga atau keluarga yang sehat merupakan aset utama pembangunan yang perlu dipelihara terus menerus, ditingkakan dan dilindungi kesehatannya. Sehingga perlu dilakukan upaya upaya untuk meningkatkan pengetahuan, kemauan dan kemampuan anggota rumah tangga atau anggota keluarga untuk melaksanakan PHBS, dan ikut berperan aktif dalam gerakan PHBS di masyarakat.

Pentingnya menerapkan PHBS di dalam kehidupan sehari-hari Bahwa rumah tangga atau keluarga sehat merupakan aset atau modal utama pembangunan di masa depan yang perlu dijaga, ditingkakan dan dilindungi kesehatannya. Beberapa anggota rumah tangga mempunyai masa rawan terkena gangguan berbagai penyakit. Angka kesakitan dan kematian penyakit infeksi dan non infeksi dapat dicegah dengan PHBS.

Baca Juga  ICD Lampung Kembangkan Program Sorgum Manis Bioguma Agritan di Marga Jaya Kecamatan Negara Batin

PHBS itu jumlahnya bisa banyak sekali, bisa ratusan misalnya tentang Gizi makan beraneka ragam makanan, minum Tablet Tambah Darah, mengkonsumsi Garam Beryodium, memberi bayi dan balita Kapsul Vitamin A, dst. Namun setiap rumah tangga dianjurkan untuk melaksanakan semua perilaku kesehatan untuk manfaat yang tidak ternilai,baik bagi rumah tangga itu sendiri,dan lingkungan disekitar. RWK/HABIBI A.P

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *