TBSM Program Studi Unggulan SMK YP 17 Baradatu

  • Whatsapp

Baradatu (RWK) – SMK YP 17 Baradatu adalah salah satu sekolah kejuruan yang mampu bersaing dengan sekolah unggulan lainnya. Di sekolah ini, terdapat lima pilihan jurusan yaitu jurusan TKJ (Teknik komputer Jaringan), Akuntansi, Kesekretariatan, TITL ( kelistrikan ) dan jurusan TBSM (Teknik Bisnis Sepeda Motor) yang biasa dikenal dengan jurusan otomotif.

Jurusan TBSM adalah jurusan primadona di SMK itu, bukan tanpa alasan jurusan otomotif menjadi jurusan favorit, karena lulusannya banyak yang terserap di perusahaan otomotif yang sudah tersohor seperti Honda dan Yamaha. Bahkan tidak sedikit dari alumni jurusan otomotif mampu membuka bengkel sendiri di rumah.

Baca Juga  Satu Sekolah Di Way Kanan Belum Melaksanakan PTM?

Berdiri sejak tahun 2010 ini, hingga kini telah melakukan kerja sama industri dengan PT.TVS Motor Company , Karawang, Jawa Barat. PT tersebut menyediakan media dan sarana untuk para siswa melakukan kegiatan praktek. Seperti yang kita tahu, SMK tidak hanya mengedepankan kemampuan teori tetapi memprioritaskan praktek kerja. Saat praktek, alat-alat dan unit motor yang digunakan sudah sesuai SOP dan manual service TVS.

Baca Juga  Wali Murid Harapkan Segera Belajar Tatap Muka

Kepala Sekolah SMK YP17 Basir, S. Pdi menjelaskan, kegiatan praktek kerja industri (prakerin red) adalah sarana unjuk kompetensi para siswa, dimana setelah lulus alumni bisa langsung bekerja di perusahaan tersebut.
“PT. TVS setiap tahun merekrut siswa-siswa berprestasi (yang masuk sepuluh besar) untuk mengikuti seleksi masuk perusahaan. Jadi, kami pastikan sekolah ini memang berdaya saing karena jurusan otomotif khususnya sudah berjalan sepuluh tahun dan mampu mencentak lulusan yang unggul dan bersaing di dunia industri,”pungkasnya. RWK-1/RMN/FJR

Related posts