Musyawarah Pembentukan Kelompok Tani Kampung Way Tuba

  • Whatsapp

Gunung Labuhan (RWK)- Kampung way tuba Kecamatan Gunung Labuhan mengadakan musyawarah pembentukan kelompok tani, yang dihadiri Bapak Joni Effendi SE.MM PJ kepala kampung way tuba beserta tokoh adat dan masyarakat Kecamatan Gunung Labuhan.

Joni Effendi SE.MM mengatakan, tujuan diadakannya rapat atau musyawarah ini sasaran jangka pendek untuk jenis usaha pertanian palawija seperti jagung dan padi sawah, sektor pertanian juga memiliki peranan penting dalam menghasilkan produk-produk yang diperlukan sebagai input sektor lain, terutama sektor industri; sebagai negara agraris maka sektor pertanian menjadi sektor yang sangat kuat dalam perekonomian dalam tahap awal proses pembangunan terutama dalam penyediaan pangan; sektor pertanian juga menjadi sektor penyedia faktor produksi (terutama tenaga kerja) yang besar bagi sektor non pertanian (industri) dan sektor pertanian merupakan sumber daya alam yang memiliki keunggulan komparatif dibanding bangsa lain, karena proses pembangunan yang ideal harus mampu menghasilkan produk-produk pertanian yang memiliki keunggulan kompetitif terhadap bangsa lain, baik untuk kepentingan ekspor maupun substitusi impor.

Baca Juga  Sumber Rezeki Kampung Kawasan Masker

Pelaksanaan pembangunan menuntut adanya partisipasi aktif dari seluruh warga masyarakat. Salah satu strategi dalam membangkitkan partisipasi masyarakat dalam berbagai program pembangunan dilakukan dengan pendekatan kelompok. Pendekatan kelompok sampai saat ini masih digunakan dalam kegiatan penyuluhan. Pendekatan kelompok dipandang lebih efisien dan dapat menjadi media untuk terjadinya proses belajar dan berinteraksi dari para petani, sehingga diharapkan terjadi perubahan perilaku petani ke arah yang lebih baik atau berkualitas.

Baca Juga  Mekar Asri Baradatu Tingkatkan Kapasitas Pendamping Desa

Pengembangan kelompok tani diarahkan pada penerapan sistem agribisnis, peningkatan peranan, peran serta petani dan anggota masyarakat lainnya dengan menumbuhkembangkan kerjasama antar petani dengan pihak lain dalam usahanya mengembangkan usahataninya. Selain itu dengan bergabungnya petani dalam wadah kelompok tani dapat membantu menggali potensi, memecahkan masalah usahatani anggotanya agar lebih efektif, memudahkan mengakses informasi, pasar, teknologi, permodalan dan sumber daya lainnya . Dengan demikian kelompoktani memiliki kedudukan yang strategi di dalam mewujudkan petani yang berkualitas.pungkasnya.

RWK/HABIBI A.P

Related posts