SDN 1 Bengkulu Raman Sepi Peminat

  • Whatsapp

Gunung Labuhan (RWK)-Jumlah Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Bengkulu Raman, Minat Sekolah Rendah Jadi Penyebab Utama.

Kondisi tersebut disampaikan oleh seorang Guru Wali kelas SD N 1 Bengkulu Raman, STN (52)mengatakan, telah beberapa tahun belakangan ini jumlah minat siswa di sekolah tersebut menurun drastis hingga 30% tiap tahunnya.


“Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tahun ini lebih sedikit. Untuk jumlah pendaftar tahun 2017 hingga 2018 itu mencapai 100 siwa lebih, dan pada tahun 2019 itu terdaftar 78 siswa, sedangkan untuk tahun 2020 itu hanya 74 siswa saja jumlah siswa keseluruhan dari kelas 1 hingga kelas 6,” ujarnya kepada RWK, Kamis(01/10).

Baca Juga  Penyemprotan Disinfektan Di SMP N 1 Baradatu

Meskipun jadwal penerimaan siswa baru lalu bertepatan dengan pandemi Covid-19, penyebab berkurangnya minat siswa.
Lebih lanjut, STN memaparkan beberapa faktor penyebab berkurang nya jumlah pendaftar tahun ini bukan karena dampak pandemi Covid-19.
Sebab, setiap tahun pendaftar SDN tersebut memang ada penurunan.

“Jumlah siswa selaku berkurang karena dimungkinkan kurangnya minat, berdasarkan dari penduduk, dan juga disini kekurangan guru pengajar karena hanya terdapat 3 guru pegawai negeri sipil (PNS terhitung dengan kepala sekolah red), dan yang lebih memungkin kan yaitu pada sekolah ini hanya tersedia 5 ruang belajar sehingga untuk kelas satu itu bergantian digunakan 2 shif”terangnya.

Baca Juga  Daftar Pemenang Lomba Video Pembelajaran HUT PGRI ke 75 Kabupaten Way Kanan

Terpisah kepala sekolah SD N 1 Bengkulu Raman Basri mengatakan, kalau masalah penurunan bukan hanya di sekolah nya saja melainkan se-kecamatan Gunung Labuhan.


“Kalau turunnya jumlah siswa itu bukan hanya di sekolah saya aja saya rasa se-kecamatan Gunung Labuhan pun turun semua, bukan hanya sekolah saya aja yang punya masalah, ya kalau tidak ada anak nya gimana saya mau memaksakan,”ungkapnya melalui via telpon.kadarsyah

Related posts