Wakapolres dan USPIKA Resmikan Kampung Tangguh di Bakti Negara

Blambangan-Umpu-RWK,- Wakapolres Way Kanan Kompol Evinater Siallagan bersama Uspika meresmian Kampung Tangguh Nusantara di Kampung Bakti Negara Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan dengan tetap menerapkan Prokes (protokol kesehatan). Rabu (24/2/2021)

Peresmian kampung tangguh dilaksanakan di Balai Desa Kampung Bakti Negara Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan.

Kegiatan dihadiri Kasat Binmas Polres Way Kanan Iptu Burhannuddin, Kasat Sabhara Iptu Dewa Gede Anom, Kapolsek Baradatu Kompol Mulyadi, Camat Baradatu Desta Budi Rahayu,Kepala Puskesmas Baradatu dr. Indah, Kepala KUA Kecamatan Baradatu Sahrul Muqharom, Kepala Kampung Bakti Negara A. Ginting, Perwakilan Lurah / Kakam Kecamatan Baradatu, tomas, toga, Bidan Desa Kampung Bakti Negara , Mahasiswa KKN dari Unila Bandar Lampung dan tamu undangan.

Kakam Bakti Negara A. Ginting menyampaikan ucapan selamat datang kepada Wakapolres Way Kanan dan rombongan, dalam acara ini kami sengaja tidak mengundang banyak orang, di karnakan saat ini masih pandemi, kami juga sangat bersyukur bahwa di Kampung Bakti Negara hingga saat dalam pantauan kami belum ada yang terpapar virus corona.

Ia, mengakui bahwa berkat kerjasama antara Aparatur Kampung mulai dari tingkat RT sampai dengan Kepala Kampung serta dengan seluruh masyarakat Kampung Bakti Negara bisa demikan, mudah -mudahan kedepan Kampung Bakti Negara tetap aman dari wabah Virus Covid -19.

Baca Juga  PAC PP Gunung Labuhan Siap Dilantik

Kapolres Way Kanan AKBP Binsar Manurung melalui Wakapolres menyampaikan apresiasi kepada seluruh Aparatur Kampung Bakti negara, atas kerjasamanya sehingga kegiatan berjalan dengan baik.

Pihaknya berharap dengan Lounchingnya Kampung Tangguh Nusantara Kampung Bakti Negara bisa lebih meningkatkan penanganan penyebaran Virus Corona, Peningkatan sumber Ekonomi serta peningkatan swadaya pangan, sehingga bisa menjadi contoh bagi kelurahan dan kampung yang lain, tentu saja hal ini yang paling penting kedepan adalah action penanggulangan pandemi.

Lebih lanjut Kampung Tangguh Nusantara ini di dalamnya ada empat pilar yang harus kita perkuat antara lain,

Pertama tangguh dalam penanganan virus covid 19, ini yang di kedepankan adalah Dinkes, tim gugus, mari kita dukung bersama, dengan cara menyiapkan rumah isolasi, apabila rumah isolasi sudah ada mari kita jaga, kemudian kita edukasikan kepada seluruh masyarakat pentingnya pola hidup sehat

Selain itu untuk masyarakat pendatang, kita pastikan bahwa pendatang tersebut tidak terpapar virus covid 19, bagaimana caranya, tamu yang datang wajib melapor dan dilakukan pengecekan, sehingga tidak terpapar virus dari luar dan dapat dideteksi lebih awal.

Kedua tangguh ekonomi yaitu bisa memamfaatkan hasil bumi, tingkatkan pendapatan masyarakat,
Ketiga tangguh dalam ketahanan pangan seperti dapat memanfaatkan home industri yang bisa kita kelola dan dapat dipromosikan

Baca Juga  Sidang Tuntutan Ganti Rugi Keuangan Daerah Way kanan

Tak Hanya itu, keempat tangguh dalam penanggulangan bencana sehingga apabila ada bencana apa yang harus kita lakukan, terutama kita semua harus hadir saling tolong menolong, jangan sampai ada yang memanfaatkan situasi seperti melakukan penjarahan dan hadirnya aparatur di lokasi guna cipta kondisi

Adanya Kampung Tangguh Bakti Negara diharapkan kepada masyarakat bisa tertib dengan protokol kesehatan dan harus menerapkan gerakan 5M juga dapat menjadi pilot project untuk menyampaikan kepada masyarakat yang lain.

Sementara Camat Baradatu Desta Budi Rahayu menyampaikan bahwa inilah Kecamatan Baradatu kami semua bisa bersinergi, mudah- mudahan dengan adanya acara ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat semua, perlu juga kami sampaikan bahwa saat ini di Kecamatan Baradatu masih ada yang melaksanakan isolasi, kami Uspika Kecamatan Baradatu mengajak seluruh masyarakat untuk mematuhi prokes dan menerapkan 5M.

Usai peresmian Kampung Tangguh Bumi Baru, Wakapolres beserta rombongan meninjau fasilitas pendukung Kampung tangguh seperti Rumah Isolasi, pengecekan lahan perkebunan sumber daya pangan, pengecekan Posko Kesehatan dan pengecekan Home industri Tahu dan keripik.RWK/FJR

Next Post

Sambut Lounching Kampung Tangguh, Gedung Harapan Lakukan Giat Gotong Royong

Wed Feb 24 , 2021
Negeri […]