Untuk Ciptakan Kampung yang Kondusif, Kampung Tiuh Balak II Beri Pelatihan LINMAS


        
    

Gunung Labuhan (RWK) -Kampung Tiuh Balak II melaksanakan pelatihan kepada 8 Linmas guna menjadikan wilayah yang aman, nyaman dan tentram.

Kepala kampung Tiuh Balak II Awaludin menjalin kerjasama dengan pihak terkait salah satunya dengan Pihak Koramil Gunung Labuhan dan Pihak Polsek Gunung Labuhan dalam Rangka pelatihan Linmas kampung Tiuh Balak II kecamatan Gunung Labuhan.

Linmas sendiri sangat berperan penting didalam menjaga perlindungan masyarakat di wilayah sekitarnya,selain itu banyak warga yang hanya melihat linmas atau sering mereka sebut dengan Hansip yaitu suatu tugas untuk pertahahan sipil saja.

Agar Linmas memiliki kapasitas yang baik di dalam menjalankan tugas menjaga ketentraman wilayah maka dari itu kampung Tiuh Balak II mengadakan sebuah pelatihan Pembinaan Linmas yang bertujuan memberikan pemahaman dibidang pengamanan dan pertahanan.

Pelatihan dan pembinaan tersebut dilakukan di Balai kampung Tiuh Balak II,Selasa (19/01).

Kepala kampung Tiuh Balak II,Awaludin mengatakan pelatihan Linmas guna untuk Ketentraman dan ketertiban umum Kampung Tiuh Balak II.
“untuk menekankan adanya wilayah yang kondusif dan nyaman dalam segala situasi dan kondusi di wilayah masing-masing di kampung Tiuh Balak II maka kita lakukan pelatihan linmas yang di ikuti oleh seluruh linmas yang ada di kampung ini, yakni 8 orang”tuturnya..

Baca Juga  Kampung Tiyuh Balak II Galakan Masyarakat Menanam Jahe Merah

“Tujuan dari diadakan pelatihan ini adalah untuk memberikan ilmu tentang pengamanan dan pertahahanan di kampung, menciptakan kondisi yang aman dan nyaman, meskipun di kampung Tiuh Balak II merupakan wilayah yang yang aman, nyaman dan kondusif. Tetapi guna untuk mengantisipasi kedepannya maka perlunya diadakan pelatihan dan pembinaan Linmas agar sigap dalam masalah lainnya misalnya jika diwilayah ada tindakan kriminal dan dapat tertangani secepatnya”tambah Awaludin.

Terpisah,Kapolsek Gunung Labuhan Jauhari melalui Bhabinkhamtibmas kampung Tiuh Balak II memberikan beberapa materi yang terkait dengan pengamanan, pertahanan, ketertiban, dan aspek-aspek dalam mengatasi masalah tindakan kriminal maupun non kriminal diwilayah masing-masing. Materi sosialisasi undang-undang dan tugas atau peranan Linmas kampung Tiuh Balak II.

Baca Juga  Satreskrim Polres Way Kanan Amankan DPO Pelaku Pencurian di Pakuan Ratu

“Sebagai seorang Linmas wajib memiliki jiwa dan semangat dalam melindungi kampungnya agar selalu aman dan nyaman dan membantu bhabinkhamtibmas dan babinsa dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban di wilayah,saling bersinergi antara masyrakat sipil dengan POLRI dan TNI. Karena kenyamanan dan ketertiban merupakan kunci utama dalam bermasyarakat agar tidak menimpulkan perselisihan dan konflik satu sama yang lainnya”tuturnya.

Selain sosialisasi mengenai perlindungan dan ketertiban, peserta juga mendapakatkan ilmu pelatihan dasar PBB

“Gerakan PBB merupakan suatu gerakan yang dapat menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa disiplin dan rasa tanggung jawab. Selain itu Gerakan PBB menumbuhkan rasa disiplin itu mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan pribadi dan rasa tanggung jawab adalah keberanian untuk bertindak yang mengandung resiko terhadap dirinya, tetapi menguntungkan tugas dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan. Maka sikap tersebut di perlukan oleh seorang Linmas”ungkapnya.

Kepala kampung Tiuh Balak II,Awaludin berharap kampung yang dipimpinnya selalu aman, nyaman, dan tentram. RWK/Kadarsyah

Next Post

Awaludin Pimpin Kegiatan Pembinaan Kelompok Tani Tiuh Balak II

Tue Jan 19 , 2021
Gunung […]