Tiuh Balak II Menuju Kampung Sejahtera Mandiri


        
    

Gunung Labuhan (RWK) -Wujudkan kampung Tiuh Balak II,menjadi kampung sejahtera mandiri dengan itu Kepala Kampung Tiuh Balak II melakukan berbagai cara memberikan pembekalan kepada Linmas dan kelompok tani.

Hal tersebut tentunya bukanlah mudah perlu kedekatan dalam berinteraksi sesana elemen masyarakat sehingga tercipta kedamaian dalam bermasyarakat.

Kampung perlu dipandang sebagai entitas sosial (kolektif) yang memiliki karakter sosiologis, ekonomis, kultural, dan ekologis yang khas (spesifik) jika dibandingkan misalnya dengan “kota”. Cara pandang ini memandang bahwa kampung merupakan tempat di mana kenyamanan, keharmonisan, kerukunan, kedamaian, dan ketenteraman, terjaga sehingga bukan harus bersifat stereotipe.

Kampung merupakan tempat di mana segala bentuk ketertinggalan berada. Cara pandang etik (orang luar) terhadap kampung, dengan menempatkan kriteria kemajuan (mandiri dan sejahtera) atas dasar nilai-nilai formal material, harus diuji dan disinkronkan dengan cara pandang emik (local view orang kampung) yang memandang nilai-nilai material (materi) bukan segalanya.

Baca Juga  DINAS P3AP2 KB LAKUKAN PENYULUHAN DI 2 KECAMATAN.

Namun hal terbebut timbul dibenak kepala Kampung Tiuh Balak II yang mana jangan sampai kampung yang iya pimpin jauh dari ketertinggalan dari kampung-kampung lain khususnya yang ada di jecamatan Gunung Labuhan.


“jangan sampai kampung kita ini jauh tertinggal dari kampung-kampung lain, ya memang benar kampung juga perlu mitra dengan kampung lain tapi kita perlu juga kemandirian kampung sendri,maka dari itu berbagai cara saya lakukam, mulai dari pelatihan Linmas, pembekalan dan pelatihan kepada kelompok tani supa kampung yang saya pimpin ini mandiri dan sukses dalam hal Ekonomi”ujarnya,Awaludin di ruang kerjanya, Selasa(19/01)

Baca Juga  Pemkab Way Kanan Mengadakan Rakoor Persiapan PPKM-Mikro

Lebih lanjut Awaludin mengatakan sebagian besar masyarakat kampung Tiuh Balak dua mayoritas masyarakat petani maka dari itu dirinya berharap supaya masyarakatnya mampu memiliki usaha tersendri agar Ekonomi yang ada di kampung Tiuh Balak II terus maju.
“saya berharap masyarakat saya mampu memiliki usaha yang bisa mencukupi ketahanan pangan apalagi dimasa pandemi ini, agar bisa kertercukupan kebutuhan sehingga bisa bertahan dalam waktu panjang”pukasnya. RWK/Kadarsyah

Next Post

Polsek Gunung Labuhan Giat Patroli Tekan Angka Kriminalitas

Tue Jan 19 , 2021
Gunung […]