Sorgum, Potensi Tanaman Pengganti Singkong


        
    

Way Kanan(RWK) – Mengatasi harga singkong yang tidak kunjung membaik, ada banyak petani di Kabupaten Way Kanan dan Lampung Utara didampingi oleh Indonesia Cerdas Desa Provinsi Lampung mulai beralih ke Komoditas Sorgum Bioguma.

Untuk saat ini, di Desa Marga Jaya Kecamatan Negara Batin Kabupaten Way Kanan telah merealisasikan kurang lebih 80 hektar dari target total 6.000 hektar di Kabupaten Way Kanan. Sedangkan untuk di Lampung Utara sendiri baru mulai menanam 5 hektar di Desa Bunga Mayang. Target total untuk Provinsi Lampung ialah 20.000 hektar.

Indonesia Cerdas Desa sendiri merupakan sebuah lembaga nirlaba yang hadir dengan tujuan untuk mendampingi para petani yang membawa program – program pertanian inovatif berkelanjutan.

Baca Juga  Miris, kabel A Listrik Kampung Bengkulu Jaya, Di Duga Tak Terurus.

Sekretaris ICD Provinsi Lampung Adi Candra menjelaskan bahwa sudah ada beberapa Kabupaten di Lampung yang mulai menanam Sorgum. “Di Lampung sendiri sudah ada beberapa Kabupaten yang ditanami. Sebelumnya Kabupaten Way Kanan sudah mulai. Lalu untuk baru – baru ini Kabupaten Lampung Utara juga telah menyusul,” terang Adi saat diwawancari via telepon.

“Masalah harga jual, Sorgum ini lebih menarik serta bersaing dibandingkan dengan singkong. Untuk 1kg biji kering Sorgum, mulai dari Rp. 2.200 sampai dengan Rp. 2.500. Dalam 1 hektar, Sorgum bisa menghasilkan 5ton biji. Lalu, untuk batang dan daun sorgum sendiri bisa dijual dengan harga Rp. 2.000.000/hektar,” lanjut Adi.

Baca Juga  Gunung Katun Dinobatkan Sebagai KTN Covid 19

Masih dari Adi, “yang lebih menarik lagi, dalam satu tahun kita bisa 3 kali memanen Sorgum. Jadi sudah pasti para petani bisa menghemat biaya produksi,”.

Hal inilah yang akhirnya membuat banyak petani di Desa Marga Jaya Kabupaten Way Kanan dan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara mulai menanam tanaman Sorgum ini. Sebab, sudah ada banyak Petani yang dikecewakan oleh singkong.

Para petani di dua Kabupaten ini juga sangat berharap Sorgum Bioguma ini dapat kembali membuat para petani di Kabupaten Way Kanan dan Lampung Utara menjadi berjaya lagi. (RWK/AT)

Next Post

Adipati, Alhamdulillah Vaksin Sudah Mulai Di Distribusikan Ke Daerah

Wed Jan 6 , 2021
Blambangan […]