Siswa SMKN 1 Negara Batin Diajarkan Bikin Pupuk Dari Sampah Rumah Tangga

Negara Batin (RWK),- Masih banyaknya penggunaan pupuk kimia yang dilakukan oleh mayoritas masyarakat , SMKN 1 Negara Batin, mengadakan kegiatan praktik bagi siswa jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan (ABTP) untuk membuat pupuk kompos dan pupuk cair di bawah binaan UPT Pertanian Kecamatan Negara Batin oleh Budi Sudarmanto dan Ni Ketut Wirastiti dengan menggunakan activator EM4.(25 /1).

Dalam kegiatan praktik tersebut siswa/i menggunakan bahan-bahan pupuk yang berasal lingkungan sekitar yaitu kotoran kambing , sekam padi , dedak atau bekatul, gula merah , M4 satu liter. Bahan-bahan tersebut nantinya dicampurkan menjadi satu dan akan dilakukan proses fermentasi selama 2 minggu.

Baca Juga  Giat kelompok wanita tani Kampung Bali sadar tengah (KWT)

Sedangkan untuk pembuatan pupuk cair bahan-bahan yang digunakan diantaranya gula merah, air bersih , M4 4 tutup/20ml, kotoran kambing murni dan urin kambing r. Untuk proses fermentasi dalam pembuatan pupuk cair membutuhkan waktu 10 sampai 20 hari, baru pupuk dapat digunakan.

Kepala sekolah SMKN 1 Negara Batin Bambang Irawan S.Pd.I, menyampaikan kegiatan praktik ini perlu dilakukan karena sangat bermanfaat bagi masyarakat petani, khususnya bagi peserta didik.

Baca Juga  Sayangi Keluarga, Jangan Mudik

” Kegiatan ini dilakukan agar peserta didik dapat manfaat melalui kegiatan praktik ini, dan memproduksi untuk kebutuhan sendiri bahkan tidak menuntut kemungkinan dapat diproduksi dan dipasarkan di lingkungan sekitar,”paparnya

” pupuk kompos memiliki banyak manfaat terutama baik untuk tanaman dan memperbaiki unsur hara tanah. Kemudian yang tidak kalah pentingnya lagi adalah bisa menekan biaya produksi tanam karena bahan yang digunakan hanya dengan memanfaatkan kotoran ternak atau bisa juga dengan menggunakan sampah organi,”tambah Kepsek.RWK/Andri

Next Post

37 Napi Lapas Way Kanan Jalani Asimilasi Dirumah

Mon Jan 25 , 2021
Blambangan […]