P3AP2KB Gandeng Puskesmas Gunung Labuhan, Untuk Pelayanan KB Gratis!

Foto: pemasangan alat kontrasepsi jangka Panjang, seperti implant dan IUD, oleh tim medis didampingi penyuluh KB.

Gunung Labuhan(RWK),– Sebagai upaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik di siklus usia reproduksi, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) bersama Puskesmas Gunung Labuhan menggelar pelayanan Keluarga Berencana (KB) gratis.

Pelayanan KB gratis yang berlangsung di Balai Kampung Suka Negeri, dengan menghadirkan K.A UPT DP3AP2KB Baradatu-Gunung Labuhan Joni Effendi SE. MM, Penyuluh KB Baradatu-Gunung Labuhan Ulfa, Pejabat Kepala Kampung Suka Negeri Bahtiar, Kader Posyandu Suka Negeri dan Tim Medis Puskesmas Gunung Labuhan serta diikuti oleh 31 peserta. Rabu (07/04).

Kepala UPT P3AP2KB Baradatu-Gunung Labuhan Joni Effendi SE, MM mendampingi tim medis puskesmas dalam Memberikan pelayanan berupa pemasangan alat kontrasepsi jangka Panjang, seperti implant dan IUD.

Baca Juga  Korban Tenggelam Akhirnya Ditemukan

“Kali ini, diikuti hampir 31 ibu-ibu di wilayah Gunung Labuhan Sebelumnya, sudah dilakukan pendekatan oleh para kader Posyandu untuk mau turut mengikuti kegiatan KB ini, dengan memberikan penyuluhan akan pentunnya KB dan tidak memiliki dampak. Dalam pelaksanaannya, semua dilakukan dengan tertib, wajib patuh akan protokol kesehatan, hingga pelaksanaan selesai,” ungkap Joni.

Ia pun mengungkapkan, tidak dipungkiri, masih banyak masyarakat yang takut melakukan pelayanan KB di fasilitas Puskesmas makadari itu di gelar pelayanan KB Gratis di Kampung Suka Negeri. Padahal, semua tahapan dan aturan dilakukan dengan standar kesehatan yang sudah ditetapkan.

Baca Juga  Pengamanan Vaksinasi Massal Covid-19 dan Binluh Oleh Bhabinkamtibmas Di Puskesmas Buay Bahuga

“menghadirkan tim medis dari puskesmas yang terbaik di bidangnya, pelayanan juga kami layani dengan standar rumah sakit. Kami, bisa jamin layanan KB aman dilakukan di tingkat kampung. Tidak mungkin kami melakukan hal buruk untuk warga kami sendiri. Jadi aman, ayo ikuti dan sukseskan program KB,” paparnya.

Sementara itu, para ibu-ibu yang mengikuti program KB merasa sangat terbantu dengan program ini karena layanan KB diberikan gratis bagi warga Gunung Labuhan. Apalagi, pemasangan alat kontrasepsi jangka Panjang ini, biasanya di RS Swasta atau klinik dihargai Rp500 ribu hingga Rp800 ribu untuk sekali pemasangan KB. (RWK/Kadarsyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Hari ke 3 Pelaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Dengan Prokes SMAN 1 Baradatu Berjalan Lancar

Wed Apr 7 , 2021
Baradatu […]